Peneliti Temukan Lukisan Aneh di Piramida Mesir

0
74
ilustrasi

ragamlampung.com — Peneliti menemukan sebuah makam di piramida Giza dekat Kairo, Mesir, yang diduga dibangun untuk Hetpet, seorang pendeta Hathor, dewi kesuburan, yang membantu wanita dalam persalinan.

Makam ditemukan saat penggalian di kuburan barat Giza tim arkeolog Mesir dipimpin Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Kebudayaan.

Makam yang baru ditemukan itu memiliki gaya arsitektural dan elemen dekoratif dari Dinasti Kelima, dengan sebuah pintu masuk mengarah ke kuil berbentuk L.

“Makam tersebut memiliki lukisan dinding yang sangat berbeda dalam kondisi konservasi yang sangat baik yang menggambarkan Hetpet berdiri di berbagai perburuan dan penangkapan ikan atau … menerima persembahan dari anak-anaknya,” tulis pernyataan Kementerian Kebudayaan Mesir, dikutip dari The Independent, Rabu (7/2/2018).

Lukisan juga menunjukkan pemandangan pertunjukan musik dan tarian serta dua adegan menampilkan monyet – binatang piaraan pada saat itu. Waziri mengatakan lukisan itu tidak biasa.

“Adegan seperti itu jarang terjadi … dan baru ditemukan di makam kerajaan lama di mana sebuah lukisan menunjukkan seekor monyet menari di depan seorang gitaris bukan orkestra,” katanya.

Makam terletak di Saqqara, sebuah nekropolis sekitar 20 km selatan Kairo.

Makam baru tersebut mencakup sebuah baskom pemurnian yang diukir nama pemilik makam dan gelar-gelarnya.

Waziri mengatakan bahwa arkeolog akan terus menggali situs tersebut dan berharap bisa membuat penemuan baru lagi. (ar)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.