Tumbuhkan Semangat Nasionalisme melalui Seni dan Budaya

0
180

ragamlampung.com – Plt Bupati Lampung Utara Dr H Sri Widodo memberikan apresiasi yang cukup besar terhadap perkembangan Seni dan Budaya di Lampung Utara.

Menurutnya, membangun Kabupaten Lampung Utara butuh sentuhan jiwa seni dan kreasi agar masyarakat di Lampung Utara menjadi lebih kreatif. Selain itu, melalui seni dan budaya menimbulkan rasa Nasionalisme.

“Salah satu cara dalam menumbuhkan nasionalisme generasi muda yakni menanamkannya melalui Seni dan Budaya,” kata Sri Widodo.

Ketua Hanura Lampung versi ketum Daryatmo ini mengatakan, generasi muda terutama anak-anak sangat penting untuk mengenal dan mempelajari seni dan budaya yang hidup dalam kearifan lokal yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Utara.

“Pelajaran seni dan budaya itu bisa menimbulkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda,” ungkapnya.

Ditambahkannya, melalui seni dan budaya, generasi muda bisa diajarkan dapat lebih mengenal keberagaman.

“Bersosialisasi dengan siapa saja tanpa ada sekat, menyatu dengan semua elemen yang ada di tengah – tengah masyarakat tanpa membedakan dari mana dia berasal,” ujarnya.

Jadi, lanjutnya, sangat penting untuk memberikan pengenalan seni dan budaya sejak anak-anak. Sebab, generasi muda dan anak-anak perlu dibekali dan diajarkan seni dan budaya lokal.

“Dengan begitu, kepribadian dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia akan tumbuh. Ini yang harus saya tekankan kepada generasi muda dan anak-anak di tengah arus globalisasi. Kita tidak boleh meninggalkan dan melupakan kearifan lokal yang ada pada budaya dan seni,” sebutnya.

Dia mengajak generasi muda untuk tidak menghindari dengan semakin majunya teknologi, terutama media telekomunikasi dan informatika.

“Namun, kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk suatu yang bermanfaat, salah satunya menciptakan karya seni yang lebih berkualitas,” tutupnya.(askur)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.