Survey Charta Politika Indonesia Tempatkan Ridho Tertinggi

Share :

ragamlampung.com – Calon Gubernur Lampung Petahana, M. Ridho Ficardo menempati urutan pertama hasil Survey Charta Politika Indonesia yang diumumkan Selasa (20/03/2018) di Hotel Horison.

Suvery yang dilakukan lembaga tersebut dengan pertanyaan yang diajukan Charta Politika bersifat terbuka.

Hasilnya pilihan masyarakat tertinggi jatuh kepada M. Ridho Ficardo (27.1%). Lalu diikuti Herman HN(20.1%) dan Mustafa (10.4%). Pada urutan berikutnya adalah Arinal Djunaidi (7.4%),

Survey Charta Tingkat keterpilihan Muhammad Ridho Ficardo tersebut didukung oleh survey popularitas dan kesukaan masyarakat. Ridho terbukti paling populer dibanding calon gubernur lain, dengan persentase 93,3%. Mayoritas masyarakat menyatakan menyukai nama yang mereka nyatakan kenal, terutama Ridho Ficardo.

Popularitas kandidat lain, seperti Herman HN (83.3%), Arinal Djunaidi (80.5%), dan Mustafa (80.5%). Sementara untuk tingkat elektabilitas calon wakil gubernur, Bachtiar Basri memiliki persentase tertinggi 21.4%, disusul Sutono (18.0%) dan Chusnunia Halim (9.6%). Pada urutan berikutnya adalah Ahmad Jajuli (8.9%).

Adapun metode survey, sampel dipilih secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlahsampel dengan jumlah penduduk di setiap Kabupaten. Jumlah sampel sebanyak 800 responden, dengan margin of error + 3.46% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survey ini memiliki unit sampling primer survei (PSU) desa/kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 80 desa/kelurahan yang tersebar diProvinsi Lampung. Quality control dilakukan terhadap hasil wawancara, yang dipilih secara random sebesar 20% dari total sampel. Dalam quality control tidak ditemukan adanya kesalahan berarti. (iyan)

Share :