Keseriusan Distan Mesuji Tanggapi Animo Petani Membudidayakan Lada 

Share :

ragamlampung.com – Berawal dari temuan tanaman Lada hitam di Umbul Ben, Desa Wiralaga 2, Kecamatan Mesuji, animo para Petani Mesuji untuk mengembangkan tanaman tersebut menjadi menggelegar. Buktinya, proposal permohonan bantuan bibit Lada menumpuk di Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mesuji.

Tidak tinggal diam, menanggapi itu Distan Mesuji lewat tangan Kepala Bidang Perkebunan Dahuri Santoni bergerilya menindaklanjuti permohonan tersebut.

Dahuri mengaku, ia memulainya dengan berkomunikasi kepada Pemerintah Kabupaten setempat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Lampung, Dinas Perkebunan Lampung, Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah-rempahan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, sampai pada Puslitbangbun Bogor.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pemkab Mesuji dan pihak-pihak lainnya hingga sampai ke Kementerian Pertanian RI atas membludaknya permohonan bantuan bibit lada ini,” ucapnya, di Ruang kerjanya, Rabu (25/4/2018).

BPP Panca Jaya saat monitor pembibitan lada

Hasilnya, kemungkinan di tahun 2018 ini Petani Mesuji akan mendapatkan bantuan dalam bentuk bibit.

“Insyaallah membuahkan hasil komunikasi segitiga ini, antara kita, puslitbang Bogor, dan Dirjen Perkebunan. mudah-mudahan Mereka siap menggelontorkan milyaran rupiah bantuan berupa bibit lada untuk petani Mesuji tahun ini,” jelasnya.

Diharapkan Dahuri, nantinya jika bantuan ini terealisasi dalam waktu dekat, Petani dapat memanfaatkannya untuk mewujudkan kesejahteraan Mereka.

“Semoga nanti para petani bisa memanfaatkan ini dengan sesungguh-sesungguhnya demi kesejahteraan mereka sendiri. Sesuai petunjuk dari Bupati Khamamik, sebelumnya nanti akan kami buatkan surat perjanjian dari petani demi mengunci kesungguhan mereka,” harapnya.

Diakhir kata, ia menerangkan Pemda Mesuji pun siap menganggarkan bantuan bibit Lada jika bantuan dari luar tidak cukup memenuhi animo para Petani yang begitu luar biasa membudidayakan tanaman lada. (gst)

Share :