Ridho dan Herman HN Kedepankan Program Sekolah Gratis

Share :

Debat Kandidat II Calon Gubernur dan Wakil Gubernur

ragamlampung.com – Calon Gubernur Lampung no urut 1 M.Ridho Ficardo dan nomor urut 2 Herman HN mengekedepankan program sekolah gratis sebagai salah satu program andalan saat menjadi Gubernur kedepan. Hal ini disampaikan keduanya dalan acara Debat Kandidat II Gubernur/Wakil Gubernur Lampung bertajuk Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di Bandarlampung, Sabtu (28/4) malam.

Menurut Ridho, dia akan melanjutkan program sekolah gratis melalui Bosda yang saat ini baru berjalan di 6 Kabupaten.

“Baru satu tahun ini SMA/SMK kewenangannya dialihkan ke provinsi, Alhamdulillah sudah 6 Kabupaten merasakan sekolah gratis. Tahun depan Insya Allah seluruh kabupaten akan kita gratiskan,” jelas Gubernur Lampung non aktif ini.

Calon Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam acara tersebut menyampaikan capaian dan keberhasilannya. Menurut ketua Demokrat Lampung ini, selama tiga tahun kepemimpinannya bersama Bachtiar Basri telah mewujudkan reformasi birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN.

Selain penguatan kelembagaan dan penerapan E-Government, reformasi birokrasi juga dilakukan dengan meningkatkan kompetensi aparatur melalui Diklat, bahkan sampai ada yang kita kirim ke Lemhanas RI,” papar Ridho.

Sementara disektor layanan masyarakat untuk kesehatan, lanjut Ridho, sesuai UU dan amanat pemerintah pusat, semua daerah akan mematuhi pelaksanaan BPJS Kesehatan.

“Untuk menunjang hal tersebut, maka pelayanan dan fasilitas kesehatan akan terus ditingkatkan, terutama layanan Rumah Sakit Keliling untuk lebih mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” jelas Ridho.

Di sisi infrastruktur, Riidho menekankan telah diprogramkan seluruh jalan provinsi, 100 persen mantap. “Tahun 2019, kita sudah tekadkan program Lampung Terang 2019, dimana listrik akan mengaliri seluruh desa terisolir di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Sementara calon Gubenur Lampung nomor urut 2, Herman HN menegaskan komitmen untuk menerapkan sejumlah layanan gratis kepada masyarakat, jika terpilih memimpin Lampung selama lima tahun ke depan.

Herman HN mengatakan akan menyiapkan sejumlah program gratis yang sebelumnya sudah dijalankan di Kota Bandarlampung.

Kata Herman, dimulai dengan berobat gratis di seluruh puskesmas dan rumah sakit di seluruh Lampung. ”Termasuk juga bersekolah gratis baik di tingkat SD, SMP, SMA/SMK.”

Herman menekankan program gratis berobat rawat inap selama tujuh hari di kelas tiga bagi seluruh masyarakat.(askur)

Share :