Pemkot Metro Peringati Hari Pendidikan Nasional

Share :

ragamlampung.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 yang mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” berlangsung di Samber Park Kota Metro (02/05).

Diketahui, peringatan pada tanggal 2 Mei ini juga bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang kemudian dikenal dengan nama Ko Hadjar Dewantara.

Didalam Sambutan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, yang disampaikan oleh Walikota Metro Achmad Pairin, menyampaikan bahwa sesuai dengan tema tersebut mengajak untuk menjadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh Kebudayaan Nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat, begitu pula sebaliknya”, terangnya.

Dia mengajak bersama-sama untuk berusaha menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya, terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar adikuasa di bidang kebudayaan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat,” ujar Pairin didalam menyampaikan sambutan.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro didampingi Ketua DPRD Kota Metro, Fokorpimda Kota Metro, Sekda Kota Metro, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, menyerahkan penghargaan sebagai Juara I Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah tingkat Kota Metro tahun 2018, serta Juara I Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat SD dan SMP Kota Metro tahun 2018.

Adapun rincian penerima untuk Juara I Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah tingkat Kota Metro diantaranya, Miswati, S.Pd Kepala Sekolah TK Wahdatul Ummah, Ihwan, S.Ag Kepala Sekolah SD Muhammadiyah, Agus Pujianto, M.Pd Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Metro, Nunung Dwi Lestari Guru TK Cahaya Bangsa, Edy Suprapto Guru SDN 1 Metro Pusat, Mahyudin Effendi Guru SMPN 10 Metro, Dra. Marya N, M.Pd Pengawas SD, Suratman, S.Pd Pengawas SMP.

Sedangkan untuk Juara I Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat SD dan SMP Kota Metro diantaranya, Dra. Lilik Firdayanti dari SMPN 3 Metro untuk mata pelajaran Matematika, Nyoman Winarta SMPN 1 Metro untuk mata pelajaran IPA, Eli Yuniarsih SMPN 2 Metro mata pelajaran Bahasa Inggris, Fransiska Eka S SMPN 1 Metro mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bambang Waluyo SMPN 4 Metro mata pelajaran IPS, dan Miranto SDN 7 Metro Utara untuk Guru Kelas. (ema)

Share :