Bupati Winarti Buka Sosialisasi Penerimaan PBB-P2

0
38

Juga Launching Siltap dan Dana Desa

ragamlampung.com – Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE, MH membuka sosialisasi penerimaaan pajak daerah sektor Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan launching dana Penghasilan Tetap (Siltap) serta Dana Desa (DD) Tahun 2018, yang dilaksanakan di Aula Utama Ruang Rapat Lantai II Kantor Pemda Tulangbawang.

Adapun sosialisasi ini dilaksanakan oleh Bupati tulang bawang Winarti, yang menginstruksikan kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kampung/Kelurahan (DPMPK) Kabupaten Tulangbawang.

Pada kesempatan tersebut hadir unsur Forkopimda Plus seperti dari Lanud Pangeran M Bunyamin, Polres Tulangbawang, Kodim 0426 TB, Kejaksaan Negeri Menggala, dan sejumlah Anggota DPRD Tulangbawang serta sejumlah Pejabat diantaranya Kepala Bapenda Ria Kholdi SE, MM dan Kepala DPMPK Drs. Yen Dahren M.A.P maupun Pejabat Pimpinan Tinggi Pramatan serta Pejabat Administrator dilingkup Pemkab setempat, para Kepala Kampung dan para Camat.

Dalam sambutannya, Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE, MH, berharap kepada para peserta sosialisasi untuk dapat terlibat aktif disetiap program pembangunan, agar cita-cita mewujudkan Kabupaten Tulangbawang yang mandiri dan sejahtera dapat terwujud.

“Saya berharap kita semua mampu meningkatkan pemahaman serta komitmen untuk mengoptimalkan pencapaian pajak sistematis, terpadu dan berkesinambungan, yang secara khusus menopang pencapaian Kabupaten Tulangbawang,” kata Winarti.

Sebagaimana diketahui, lanjut Bupati Tulangbawang, dari laporan Kepala Bapenda bahwa target dan realisasi PBB-P2 pada Tahun 2014 sampai dengan Tahun 2017, Kabupaten Tulangbawang mempunyai piutang pajak, tentunya hal ini terdapat masalah dalam pengelolaan PBB-P2, dikarenakan pada setiap Tahunya selalu ada tunggakan dan terus berulang.

“Minimnya pemahaman akan pentingnya membayar pajak yang masih relatif rendah sehingga berpengaruh kepada tingkat kepatuhan wajib pajak. Untuk mengantisipasi hal ini tentu diperlukan inovasi atau terobosan yang bukan saja mampu meningkatkan kesadaran para wajib pajak,” ucapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu bukan sesuatu yang mudah, meski juga bukan hal mustahil, terlebih, membangun masyarakat sadar pajak pada hakekatnya adalah membangun masyarakat yang sadar akan betapa pentingnya pajak bagi kemajuan suatu daerah.

“Maka dari itu, saya menyambut baik kegiatan sosialisasi PBB-P2 hari ini, selain diharapakan meningkatkan pemahaman akan pentingnya membayar pajak, juga untuk sarana evaluasi sekaligus sosialisasi target capaian serta terobosan dalam hal pajak. Semoga berdampak positif, membuat target yang telah direncanakan tidak lagi menyisakan tunggakan sebagaimana tahun-tahun yang lalu,” harap Bupati.

Pada kesempatan itu pula, Bupati menyampaikan, bahwa pagu Dana Desa Tahun 2018 di Kabupaten Tulangbawang mengalami peningkatan dari Tahun 2017.

“Dampak positif ini didasari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 226 Tahun 2017. Percepatan penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2018, sementara Pemerintah Kabupaten Tulangbawang telah mencairkan Dana Desa Tahun 2018 tahap 1 sebesar 20 persen untuk delapan Kecamatan dan Siltap Aparatur Kampung, Tunjangan BPK dan Insentif RT bulan Januari sampai dengan Maret 2018, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik” terang dia.(adv)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.