Bupati – Wartawan Kampanyekan Imunisasi Meales Rubella

Share :

ragamlampung.com – Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH dan wartawan mulai Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) di Sai Bumi Nengah Nyappur, yang dipusatkan di Kecamatan Banjar Agung, Rabu, (1/8/18).

Winarti mengatakan, pencanangan kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubbela (MR) harus digerakkan secara bersama – sama. Semua pihak dan elemen masyarakat. Terutama wartawan di media massa masing – masing.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Tulangbawang,” kata Bupati Gotong Royong tersebut.

Dijelaskannya, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/ kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrom) pada Tahun 2020.

“Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut, adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi masal) dan introduksi imunisasi Campak/ Measles dan Rubella (MR),” papar Bupati penyayang anak-anak itu.

“Maka Imunisasi masal MR sangat baik, karena bertujuan untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat. Lalu dalam rangka menyukseskan imunisasi masal dan introduksi imunisasi MR, saya mengajak Dinas/ Lembaga terkait, beserta perangkat kerjanya, Organisasi Masyarakat Sipil, dan Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat, untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi masal MR,” himbaunya.

Sebab, lanjut Bunda, sasaran pelaksanaan kegiatan imunisasi masal MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun, dengan jumlah sasaran imunisasi MR di Kabupaten Tulangbawang kurang lebih 129.480 anak.

Untuk Tahap I Imunisasi Masal MR dilaksanakan di Kabupaten Tulangbawang pada Bulan Agustus 2018 ini pada anak sekolah, SD/MI/Sederajad, SDLB dan SMP/MTS/Sederajat dan SMPLB, sementara, untuk Tahap II, Imunisasi Masal MR akan dilaksanakan di Kabupaten Tulangbawang pada Bulan September 2018 mendatang pada anak pra-sekolah.

“Imunisasi MR ini diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi MR ini bersifat wajib dan tidak memerlukan ijin tertulis/individual informed consent, untuk itu saya mengharapkan dukungan dari semua pihak agar suksesnya program kampanye imunisasi MR, baik dari TP-PKK ditiap tingkatan, tokoh masyarakat alim ulama serta para pengasuh pondok pesantren, karena ini sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakkan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, jadwal dan dapat menggerakkan kelompok sasaran imunisasi masal supaya datang sesuai waktu pelayanan,” perjelas Bunda Winarti.

“Untuk itu, kepada Organisasi Profesi (IDAI, IDI, IBI, PPNI, PERSI dll) agar mendukung kegiatan imunisasi masal dan introduksi imunisasi MR ini dengan membuat surat edaran ke masing-masing anggotanya untuk mendukung pelaksanaan imunisasi masal dan introduksi MR ini dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan,” pinta Bupati.

Selanjutnya sambung Bupati cantik ini, kepada seluruh organisasi kemasyarakatan dan keagamaan diminta pula untuk mengajak para orang tua dan wali agar membawa anak-anak mereka ke tempat-tempat pelayanan imunisasi masal MR sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Mari bersama kita sukseskan Kampanye campak dan measles rubella (MR) untuk Kabupaten Tulangbawang yang lebih sehat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan semoga Allah SWT tetap memberi petunjuk dan hidayah serta kekuatan kepada kita semua,” tukas Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH.

Selanjutnya kegiatan di isi dengan pemberian door price berupa sepatu untuk 29 anak yang telah melakukan senam Bergerak Melayani Warga (BMW) dan diakhiri dengan pelepasan balon ke udara pertanda dimulainya pencanangan kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Tulangbawang Tahun 2018.

Diketahui kegiatan ini dihadiri para Anggota Forkopimda Kabupaten Tulangbawang, para pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Tulangbawang diantaranya mulai dari Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial, Kadisdik, Kadiskes, Kaban Kesbangpol, Kadisos, kepala Dpmpk, kepala Diskominfo, Kepala DPP-KB, Kadishub, Kasat Pol-PP, Kabag Kesra, para Camat dan para Kepala Kampung.

Selain itu, turut hadir, para Kepala Puskesmas beserta pemegang Program Imunisasi se-Kabupaten Tulangbawang dan para Dokter Spesialis Anak yang tergabung dalam Pokja Kampanye MR serta para Tokoh Masyarakat.(sbp)

 

Share :