Jumlah Lansia Lampung Meningkat

0
28

ragamlampung.com – Jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Provinsi Lampung  meningkat.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatakan, peningkatan ini disebabkan tiga faktor yakni penurunan angka fertilitas (kelahiran) dan mortalitas (kematian), serta peningkatan angka harapan hidup (life expectancy).

“Sementara proses terjadinya penuaan penduduk dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain, peningkatan gizi, sanitasi, pelayanan kesehatan, hingga kemajuan tingkat pendidikan dan sosial ekonomi yang semakin baik,’ ungkapnya saat sosialisasi program Bahagia dan Sejahteta (Bahtera) bagi Lansia, Jum`at (24/08) di LKS Amanah Bunda Kabupaten Pringsewu.

Dia menyebut meningkatnya jumlah penduduk lansia  di Provinsi Lampung akan  membawa dampak positif maupun negatif.

“Berdampak positif, apabila penduduk lansia berada dalam keadaan sehat, aktif dan produktif. Disisi lain, besarnya jumlah penduduk lansia menjadi beban jika lansia memiliki masalah penurunan kesehatan yang berakibat pada peningkatan biaya pelayanan kesehatan, penurunan pendapatan/penghasilan, peningkatan disabilitas, tidak adanya dukungan sosial dan lingkungan yang tidak ramah terhadap penduduk lansia,” paparnya.(askur)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.