Insentif Honorer Dibayar Melalui Rekening

Share :

ragamlampung.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandar Lampung akan melakukan penyaluran insentif guru honorer semester II melalui transfer ke rekening.

Diketahui, insentif bagi 7.433 guru honorer di Kota Tapis Berseri untuk semester satu, Januari hingga Juni 2018, telah disalurkan Dinas Pendidikan dan pada Rabu (26/9/2018).

Namun, pola penyaluran insentif tersebut dinilai kurang efektif, lantaran masih bersifat manual dengan memberikan secara tatap muka.

Kepala Disdik Bandarlampung, Daniel Marsudi mengatakan, pada semeter dua, Juli hingga Desember dan seterusnya, pola penyaluran akan diubah, yakni akan dikirim melalui nomor rekening masing-masing guru honor.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan agar dalam penyaluran lebih efektif dan efisien.

“Beberapa kali kami dalam menyalurkan insentif kepada guru honor  memang masih dilakukan secara langsung. Namun ke depannya dalam penyaluran itu rencananya akan melalui rekening setiap guru,” ujar Daniel.

Ia mengatakan, penyaluran insentif melalui rekening dapat menguntungkan kedua belah pihak. Resiko seperti pemotongan dana dari orang yang tidak bertanggungjawab juga tidak akan terjadi.

“Sejauh ini masih tidak ada kendala pemberian insentif dilakukan secara langsung kepada guru termasuk tidak ada pemotongan dana. Tetapi alangkah baiknya ke depan diberikan melalui rekening agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Dan ini sudah menjadi pesan Walikota Herman HN kepada kami,”  paparnya.

Diketahui, insentif guru honorer di Bandarlampung yakni Rp200 ribu perorangan. Jadi tiap semester guru honor mendapatkan insentif sebesar Rp1,2 juta. (ed)

Share :