Penyaluran DD Tahap ll Mesuji Terkesan Lambat

0
70

Masyarakat Berharap Pemerintah Bertindak Cepat

ragamlampung.com – Realisasi Dana Desa (DD) tahap ll (40%) di Kabupaten Mesuji terkesan lambat. Karena penyaluran dana dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) belum terealisasi sepenuhnya ke 105 Desa di wilayah tersebut.

Terkait ini, Tenaga Ahli Insfratruktur Desa Mesuji, Imamudin menjelaskan, baru 26 Desa dari 105 Desa Dana Desa Tahap ll yang sudah disalurkan.

“Kita memang agak lambat, baru 26 Desa yang sudah disalurkan Dana Desa tahap 2. Tapi ini terjadi juga di banyak daerah kok,” ujar Imamudin, Sabtu, (6/10/2018).

Kondisi ini dinilainya, karena Pemda Mesuji ingin proses pencairan Dana Desa tahap ll syaratnya harus menyertakan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pencairan dana sebelumnya.

“Karena banyak faktor sih, mulai dari SDM perangkat Desa yang minim, keterbatasan personil pembinaan, dan lainnya sebagainya,” sebutnya.

Akibat dari keterlambatan penyaluran ini, sebagian besar Desa tidak dapat mengoptimalkan pembangunan Insfastruktur Desa.

“Padat Karya Tunai dilaksanakan tidak maksimal, karena dana HOKnya ada di tahap ke ll. Perekonomian Masyarakat untuk sejahtera pun jauh terwujud,” ujar salah satu Masyarakat yang enggan disebutkan namanya.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah bertindak cepat mencari solusi keterlambatan ini demi optimalisasi penyerapan Dana Desa yang berdampak langsung ke Masyarakat.

Sementara Sekertaris dan Kepala Bidang
Keuangan, Pembangunan & Aset Desa Dinas PMD Mesuji ketika hubungi pada Minggu (7/10/2018) tidak menanggapi hingga berita ini diterbitkan. (gst)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.