Lagi, IIB Darmajaya Jalin Kerjasama Internasional

0
84

ragamlampung.com – Apresiasi kembali pantas diberikan kepada Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya karena berhasil menjalankan kerjasama  dengan perguruan tinggi bertaraf internasional.

Kali ini kerjasama dilakukan dengan Universiti Utara Malaysia (UMM) pada 20 Desember lalu.

Salah satu program yang akan dilaksanakan yakni short mobility student. Dimana, IIB Darmajaya akan mengirimkan beberapa mahasiswa ke Universiti Utara Malaysia. Selama 10 hari, mereka akan mengikuti kelas perkuliahan, pelatihan, mendapat sertifikat, serta kunjungan budaya dan wisata ke Kedah, Malaysia.

Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc menambahkan, tak hanya short mobility student, banyak peluang kerjasama yang bisa dilakukan seperti program Student Mobility, Joint Research, Training of Trainer, Lecture/Staff Exchange, dan lainnya.

“IIB Darmajaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk studi ke luar negeri melalui berbagai program internasional. Tidak hanya memperkaya ilmu pengetahuan akademik saja, pengalaman studi ke luar negeri juga membuat mahasiswa belajar belajar beradaptasi, berinteraksi, serta bersosialisasi ditengah perbedaan bahasa dan budaya. Mereka harus berani keluar dari zona nyaman untuk siap menjadi lulusan berdaya saing global,” ujarnya.

Kunjungan akademik ke Universiti Utara Malaysia dilakukan Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc didampingi oleh Wakil Rektor IV, Prof. Zulkarnain Lubis, MS., PhD, Kepala Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran, dan International Office (HKPI), Novita Sari, S.Sos., MM, dan Kepala Bagian International Office, Anggi Andriyadi, S.Kom., MTI.

Didampingi Dean of student development and alumni office, Prof. Dr. Hendrik Lamsali dan tim, pihak IIB Darmajaya diajak mengelilingi Kampus Universiti Utara Malaysia untuk melihat sarana prasarana yang meliputi laboratorium, perpustakaan, inkubator bisnis, dan lainnya.

Dean of student development and alumni office, Prof. Dr. Hendrik Lamsali mengungkapkan, Universiti Utara Malaysia menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di Malaysia yang berdiri sejak 1984. UUM memiliki Kolej Sastera dan Sains, Kolej Perniagaan, serta Kolej Undang-undang, Kerajaan, dan Pengajian Antarabangsa.

Dia menyampaikan, pihaknya menyambut baik kehadiran Pimpinan IIB Darmajaya di Kampus Universiti Utara Malaysia dalam rangka penjajakan kerjasama.

“Kolaborasi dan sinergitas antar perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik. Mudah-mudahan melalui kerjasama yang akan dilakukan oleh IIB Darmajaya dan Universiti Utara Malaysia bisa membuat kedua perguruan tinggi ini maju bersama,” paparnya.(rls/dr)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.