Indeks Demokrasi RI Anjlok!

Share :

ragamlampung.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut indeks demokrasi RI anjlok hingga di bawah Timor Leste

Fadli Zon mengaku menyampaikan hal tersebut berdasarkan data dari laporan lembaga internasional, Freedom House.

“Meningkatnya ancaman kebebasan sipil, menurut Freedom House, telah mendorong Indonesia turun status dari negara ‘bebas’ (free) menjadi negara ‘bebas sebagian’ (partly free) di tahun 2018. Sementara itu, jika kita bandingkan dengan Timor Leste, situasinya berbalik. Timor Leste mengalami kenaikan status dari negara ‘partly free’ menjadi ‘free‘,” kata Fadli dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1/2019).

“Harapan publik untuk melihat wajah demokrasi Indonesia yang semakin berkualitas, tampaknya harus tertunda kembali. Secara umum, tahun lalu, menurut data The Economist Intelligence Unit (EIU), peringkat demokrasi kita anjlok 20 peringkat dibandingkan 2016. Pada 2016 kita masih berada di peringkat 48, tahun lalu peringkat kita anjlok ke 68. Lebih menyedihkan lagi, peringkat demokrasi kita bahkan lebih buruk dari Timor Leste yang ada di urutan 43 secara global,” ucapnya.

Dia juga menyatakan mengutip data dari The Ecomist Intelligence Unit (EIU) yang menurutnya menyatakan peringkat demokrasi Indonesia anjlok 20 peringkat dibanding 2016. Dia mengatakan pada 2016, Indonesia berada di peringkat 48, namun kini Indonesia berada di posisi 68.

Dia mengatakan hal ini sebagai ironi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, penurunan indeks demokrasi ini sejalan dengan keluhan masyarakat.

“Ini ironi perkembangan politik di era pemerintahan Joko Widodo. Demokrasi Indonesia mengalami kemunduran memalukan, apalagi kini menjelang diselenggarakannya pemilu serentak 2019. Indikator di atas, jika kita hadapkan dengan keluhan masyarakat bawah, akan sangat koheren. Baik yang mengeluhkan adanya persekusi terhadap ulama yang kritis, maupun keluhan adanya upaya pembungkaman dan kriminalisasi terhadap tokoh-tokoh oposan pemerintah. Semua itu telah membuat kita kembali mundur dalam berdemokrasi,” ujar Fadli.(kur)

 

 

Share :