Realisasi Proyek SPAM Bandarlampung Molor

Share :

ragamlampung.com – Realisasi proyek SPAM di Bandar Lampung dipastikan molor.

Menurut rencana, pemasangan pipa SPAM bulan Januari ini. Namun, karena ada masalah OTT KPK, kemungkinan mundur dari jadwal atau bahkan tender ulang dulu. PDAM Way Rilau menunggu keputusan pemerintah pusat.

Pemasangan pipa bantuan  Ditjen Cipta Karya PUPR senilai Rp 230 miliar untuk pemasangan pipa Rp210 miliar ditambah Rp20 milar biaya konsultan pengawasnya, kata Direktur Umum PDAM Way Rilau Simon Mirza, Selasa (1/1/2019).

Dia mengatakan, pembangunan mega proyek SPAM dengan skema  kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) terus berjalan. Kendalanya cuma adanya pada dana bantuan pipa dari Ditjen Cipta Karya PUPR.

Simon mengatakan dalam kasus OTT tersebut tidak ada pihak PDAM Way Rilau yang terlibat, karena PDAM sifatnya hanya penerima bantuan. Sedangkan proses pengadaan dan lainnya semua dilakukan  kementerian PUPR.

Diketahui, dari OTT, KPK menyita barang bukti uang dalam tiga pecahan mata uang sebesar 3.200 dolar AS, 23.100 dolar Singapura, dan Rp3,9 miliar, serta menangkap 20 orang terkait proyek SPAM Ditjen Cipta Karya tahun 2018.

Proyek SPAM di Kota Bandarlampung total menelan anggaran sekitar  Rp 1,2 triliun,  dan  merupakan  proyek strategis nasional  yang digarap  Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, bersama Pemerintah  Bandar Lampung, dan PDAM Way Rilau.(kur)
Share :