Kampanye HKS, Dinkes Mesuji Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

0
80

ragamlampung.com,Mesuji – Memperingati Hari Kanker Sedunia (HKS) tahun 2019, yang jatuh pada tanggal 4 Februari, Dinas Kesehatan Mesuji mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Kegiatan itu bertempat di halaman Kantor Dinas setempat, yang berada di Komplek Perkantoran Pemda Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Mesuji, Ardi Umum menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka pihaknya menindaklanjuti surat edaran dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes-RI) Nomor. UM.01.05/MENKES/49/2017 Tentang peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2019.

“Ya menindaklanjuti edaran dari Kemenkes-RI, bahwa setiap tahun diperingati Hari Kanker Sedunia. Jadi kita wajib mengkampanyekan tentang HKS ini dengan mengambil tema ‘Kita Bisa, Aku Bisa Dalam Mencegah, dan Mengendalikan Kanker,” jelas Ardi ketika dikonfirmasi.

Diungkapkan Ardi, pihaknya ke depan harus gencar mensosialisasikan tentang bagaimana cara pencegahan, pengendalian penyakit kanker, baik melalui Media Massa, maupun secara langsung kepada masyarakat.

Selain itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Mesuji, Adi Sukamto juga mengharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat. Khususnya bagi seluruh ASN yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mesuji untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Di kesempatan tersebut, pria yang hobi mengudara di Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) kala sedang tidak bertugas itu juga tak lupa memeriksakan kondisi kesehatannya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga pola makan dan memperbanyak berolahraga, serta menjaga sanitasi kebersihan lingkungan.

“Alhamdulillah, hasil pemeriksaan kesehatan saya normal. Saya mengingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan agar dapat meningkatkan pelayanan, tidak hanya mengandalkan pelayanan di puskesmas saja, tetapi secara mobile kunjungi masyarakat. Sebab, tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya masih kurang, sambil bersosialisasi tentang HKS ini,” ujar Adi. (gst)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.