SMAN 9 Tuan Rumah Lomba Paskibraka Tingkat Provinsi

0
97

ragamlampung.com – SMAN 9 Bandarlampung, jadi tuan rumah lomba lomba Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Pakisbra), tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Sebanyak 68 peserta dari tingkat SMA/SMK dan SMP sederajat mengikuti lomba Paskibra di halaman SMAN 9 Bandarlampung, Minggu (10/3).

SMAN 9 patut berbangga karena para siswa yang mengikuti acara tersebut antusias penuh semangat dan inovasi guna membawa nama sekolahnya masing-masing.

“Bagi pemenang juara 1 dan 2 akan mengikuti lomba Pakisbra tingkat nasional,” kata Pembina yang juga pengurus harian Pakisbra SMAN 9 Bandarlampung, Dra. Raya Dewi, kepada para awak media, Minggu, (10/03) siang.

Menurut Raya Dewi, peserta diikuti 14 kabupaten/kota yang telah mengukir prestasi selama ini dan telah mengikuti lomba Pakisbra tingkat kabupaten/kota. Lomba ini juga memperebutkan juara umum dari Kapolda Lampung.

“Untuk juri kami perayakan dari TNI yaitu Korem 043/Gatam bersama DAPL (Dewan Alumni Pakisbra Lampung),“ papar Raya Dewi.

Ia berujar, tujuan dilaksanakannya Pakisbra ini guna meningkatkan prestasi siswa agar para siswa dapat trampil melaksanakan PBB, di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Kadispora Lampung, Budi Dharmawan yang membuka acara tersebut mengatakan Paskibra merupakan kegiatan ekstrakurikuler positif dikalangan para pelajar sekolah menengah.

Paskibra tidak hanya mengasah siswa dalam ketangkasan baris-berbaris formasi barisan sistematika tata upacara.

“Tetapi juga sebagai sarana latihan kedisiplinan kita sikap mental dan perilaku fisik prima serta semangat dan kekompakan antar sesama. Itulah nilai-nilai yang sangat positif untuk membentuk pribadi dan karakter setiap Insan khususnya para pelajar,” ungkap Budi.

Mantan Kadis PUPR Lampung ini mengaku senang lomba Pakisbra yang dilaksanakan ini dan mengapresiasi SMAN 9 Bandarlampung.

“Sebagai pelaksanaan kegiatan pakisbra tingkat provinsi Lampung. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat positif,” ujarnya.

Sementara, Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharina, mengungkapkan, kepada Peserta lomba agar terus menjaga sportivitas dalam berlomba jadikanlah persaingan untuk menambah pertemanan antar sesama kalian semua.

“Saya sangat mengharapkan kepada anak-anakku untuk berlomba nantinya untuk memiliki orientasi akan dari persatuan dan kesatuan kepada sesama rekan satu sekolah tetapi juga persatuan dan kesatuan antar sekolah yang berbeda. Jadikanlah kegiatan ini sebagai sarana untuk membina persahabatan dan saling kenal mengenal Ingatlah satu musuh terlalu banyak seribu teman terlalu sedikit,” ujarnya.

Selain itu Diona juga berpesan untuk selalu menjauhi narkoba karena narkoba adalah batu sandungan bagi prestasi anak-anak.

“Saya juga berharap semakin banyak generasi muda yang memiliki harapan untuk lebih berkembang dimasa mendatang,” paparnya.

Acara dihadiri, Kepala SMAN 9 Bandarlampung, Drs. Suharto, M.Pd, ketua komite dan pengurus komite SMAN 9, KUPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sunardi, Kapolda Lampung yang di wakili AKBP Jhonson, Danramil, Disdikbud Kota Bandarlampung,  dan jajaran dewan guru serta pembimbing pakisbra Provinsi Lampung. (rls/dra)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.