Ratusan Pelajar Lamtim Ikuti Lomba Mewarnai dan Melukis Cagar Budaya

0
94

ragamlampung.com,Sekampungudik – Memasuki hari kedua Festival Budaya Tradisional Pugung Raharjo 2019 berbagai hiburan terus meriahkan jalannya festival, Sabtu (27/04/2019).

Sebagai pembuka dihari kedua ini, acara dimulai dengan kegiatan lomba Mewarnai Dan Melukis Cagar Budaya yang diikuti oleh siswa/siswi tingkat TK dan SD dengan jumlah 250 TK dan 250 SD se-Lampung Timur, Acara Drumband diikuti oleh siswa/siswi dari Tingkat TK, SD, SMP, sampai SMA serta perwakilan perkecamatan se-Lampung Timur.

Selain acara tersebut berbagai kegiatan lain digelar untuk memeriahkan festival ini, seperti Festival Band Lampung Timur yang mana diikuti oleh sembilan peserta dari berbagai daerah diantaranya Djavanese dan Suara Semesta dari Lampung Tengah, Semut Ireng dari Metro, Dadu Band dan Sonic dari Lampung Utara, sisanya Prada Band dari Sidorejo Lampung Timur, Waka Band, New Crucy People dan Mikrotik Band dari Pugung Raharjo Lampung Timur.

Pemenang dari lomba Festival Band Lampung Timur ini telah diumumkan yaitu Juara pertama dimenangkan oleh Sonic dari Lampung Utara dengan jumlah poin 286, juara yang kedua dimenangkan Dadu Band dari Lampung Utara dengan jumlah poin 273, dan juara yang ketiga yaitu Prada band dari Sidorejo Lampung Timur dengan jumlah poin 272.

Selain lomba festival band Lampung Timur, digelar pula Festival Foto Selfie yang mana lomba ini telah berlangsung dari hari pertama festival yaitu kemarin tgl 26 sampai dengan tanggal 28 April 2019 berlangsung selama tiga hari. Lomba ini sendiri mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil moment selfie ketika sedang berada atau hadir pada Festival Budaya Tradisional Purbakala Pugung Raharjo. Pemenang dari lomba ini nantinya akan diumumkan pada penutupan Festival Budaya Tradisional yakni hari Minggu tanggal 28 April 2019.

Adapun selain itu, digelar pula Ragam Budaya Nusantara dengan maksud untuk memberikan ruang ekspresi kepada sanggar, dan sekolah se-Kabupaten Lampug Timur yang mana selain menghibur juga bertujuan untuk memperkenalkan atau mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa keanekaragaman seni dan budaya kita sangat luar biasa yang diantaranya yaitu Ragam Musik Tradisional seperti Talo Balak (Lampung)/Pekhing yang ditampilkan oleh SMAN 1 Sekampung Udik, Musik Tradisional Tambur ditampilkan oleh Paguyuban KBSB, Kecapi ditampilkan oleh Paguyuban Jawa barat, dan Gamelan Jegong Bambu Bali ditampilkan oleh Sanggar Sinar Jegog Jembrana, serta Talo Balak Lampung ditampilkan oleh Sanggar Nuban Putra. Sementara itu pada Ragam Tari Tradisional ditampilkan oleh Sanggar Seni Lampung Timur diantaranya yaitu Sanggar Lenggok Budaya, Sanggar Dharma Intan, Sanggar Sai Betuah, Sanggar Kenuy Tumbay, dan Waway Carika.

Adapun acara lain yaitu sarasehan dan diskusi dengan Tema Persfektif HAM dalam Konteks Kearifan Budaya Lokal, bazzar kuliner tradisional, stand pameran agrowisata, pasar murah, donor darah dan pameran budaya juga turut meriahkan acara tersebut.(ema)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.