PLN Tegaskan Hari Raya Listrik Lampung Aman

Listrik untuk idul fitri cukup aman
Share :

ragamlampung.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Unit Induk Distribusi Lampung memastikan saat Lebaran tidak ada pemadaman listrik, terutama di Masjid dan tempat dilaksanaknnya sholat Ied.

“Pengamanan kelistrikan terkait Ramadhan difokuskan di Masjid kota dan kabupaten. Sejumlah lapangan yang digunakan sholat Ied, rumah sakit, instansi pemerintah dan Bakauheni sebagai pelabuhan mudik,” kata General Manager (GM) PLN UID Lampung, Pandapotan Manurung, Senin, 27 Mei 2019.

Dijelaskan, jelang Lebaran total daya yang mampu dipasok Lampung mencapai 998 MW, dengan beban puncak sebesar 791 MW. Hal ini menunjukkan Provinsi Lampung memiliki Reserve Margin sebesar 207 MW atau 26% cadangan daya.

“Saat puncak kegiatan Idul Fitri ini, banyak industri dan sejumlah orang yang pergi, sehingga diperkirakan pada 5-6 Juni Lampung memiliki 207 MW cadangan listrik, yang cukup memasok sekira 200 ribu rumah, sehingga Hari Raya Idul Fitri aman kecukupannya,” ungkap Pandapotan.

Besaran daya tersebut tentunya didukung dengan sistem kelistrikan Lampung yang handal, yakni 22 Gardu Induk dengan kapasitas total 1.890 MVA dan jumlah penyulang sebanyak 203 penyulang, tersebar di seluruh Provinsi Lampung.

“Selain itu, PLN juga akan menambah pembangunan pembangkit tenaga listrik yang baru. Kami pastikan kelistrikan selama ldul Fitri tahun ini dalam kondisi aman. Kami telah menyiapkan posko dengan total 1.064 personel, yang akan siaga menjaga kelistrikan di seluruh wilayah provinsi,” terang Pandapotan.

Upaya lainnya dari PLN untuk mengamankan kondisi kelistrikan Lampung selama perayaan ldul Fitri, lanjut dia, yakni dengan Posko Siaga ldul Fitri 1440 H yang terdiri dari 9O Posko dengan 1.064 personal.

Mulai 21 Mei hingga 21 Juni 2019 SOP Siaga Jaringan, Jadwal Piket Siaga, Gelar Pasukan dan Peralatan Pelayanan Teknik Serentak, Optimalisasi Tim PDKB, Pemeliharaan Online, Persiapan Suku Cadang, dan Identiikasi Titik Lokasi dan Penyulang Prioritas.

“Posko bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat pemudik yang ingin beristirahat sejenak. Selain itu siaga jika terjadi gangguan kelistrikan, seperti jika terjadi longsor dan lainnya, yang didukung dengan mobil pelayanan PLN,” ujar Pandapotan.

Senior Manager Distribusi PLN UID Lampung, Bagus Abrianto, mengidentifikasi dan menentukan titik lokasi penting selama Hari Raya ldul Fitri, seperti Masjid, Rumah Sakit, Rumah Dinas Pemerintahan, Kantor Kepolisan, dan jalur mudik menjadi fokus utama PLN.

“Dengan adanya penguatan personel, kesediaan peralatan dan material, kehandalan sistem kelistrikan serta SOP yang mendukung, maka PLN optimis dengan kondisi kelistrikan Provinsi Lampung selama ldul Fitri 1440H,” kata dia.

Masih dalam Momen Ramadhan, PLN kembali memberikan promo besar-besaran untuk seluruh pelanggan dengan Diskon Biaya Tambah Daya sebesar 50% kepada pelanggan, dengan daya 220 VA 197 KVA dan diskon 100% untuk pelanggan rumah Ibadah.

Promo Gemerlap Lebaran ini digelar dari 17 Mei 2019 pukul 00.00 WIB hingga 30 Juni 2019 pukul 23.59 WIB. (dr)

Share :