Sakit Gawat Darurat saat Mudik Hubungi 119

Share :

ragamlampung.com – Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek, menghimbau para pemudik untuk tidak ragu menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119, jika terjadi kejadian kegawatdaruratan kesehatan pada saat perjalanan mudik.

“Kami sudah menyiagakan sebanyak 188 PSC 119 untuk mendukung kelancaran dan keamanan saat mudik pada tahun 2019. Pelayanan ini siap siaga selama 24 jam,” kata Menkes Nila, Senin, 27 Mei 2019.

Dijelaskan, PSC 119 memiliki jaringan yang terintegrasi dan terpadu di beberapa daerah.

Ketika terjadi kegawatdaruratan, maka pusat PSC 119 akan menyambungkannya dengan PSC 119 terdekat dengan titik peristiwa.

“Jika di daerah tempat terjadi peristiwa tidak memiliki PSC 119, maka komando pusat akan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan puskesmas/rumah sakit terdekat, untuk melakukan pertolongan pertama gawat darurat dan stabilisasi bagi korban,” terang Menkes Nila.

Untuk ke depannya, dia mendorong kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk membentuk PSC, yang nantinya bisa terintegrasi dengan komando pusat di Jakarta.

Hal tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013 mengenai Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan disebutkan bahwa setiap Kabupaten/Kota harus membentuk PSC.

Sejak 2016, layanan cepat tanggap darurat 119 terus melakukan inovasi. Salah satunya inovasi ambulans roda dua untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa kegawatdaruratan kesehatan.

Menurut Menkes Nila, ambulans roda dua ini cukup efektif saat lalu lintas sedang padat dan menjagkau area yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat.

“Jika terjadi kejadian kegawatdaruratan, ambulans roda dua ini di-setting untuk meluncur terlebih dahulu ke lokasi, guna melakukan pertolongan pertama. Barulah ambulans roda empat menyusul untuk mengevakuasi korban,” ungkapnya.

Untuk itu, Menkes Nila kembali menghimbau agar pemudik selalu mengingat nomor 119, sehingga ketika terjadi hal-hal yang bersifat kegawatdaruratan dan membutuhkan pertolongan pertama bisa segera teratasi.

“Jangan ragu untuk menghubungi 119, kita akan siap melayani para pemudik kapanpun dan di manapun,” janji Menkes Nila. (dr)

Share :