RSUD Ahmad Yani Kota Metro Raih Penghargaan dari BPJS

Share :

ragamlampung.com,Metro – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani Kota Metro meraih penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Award 2019 sebagai lima besar Rumah Sakit tipe B terbaik se Indonesia.

Direktur RSUD Ahmad Yani Kota Metro, dr. Trestyawaty Tondi Nasution, SpOG mengatakan, penghargaan tersebut bukti komitmen managemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit setempat.

“Penghargaan ini berkat kerja keras dan komitmen seluruh jajaran RSUD Ahmad Yani dan dukungn Pemkot Metro serta seluruh elemen masyarakat, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan,” kata dr. Trestyawaty Minggu (18-8-2019).

Menurut dia, indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Ahmad Yani pada bulan Juni-Juli 2019 meningkat menjadi 82,38 persen.

“Prestasi dan seluruh pencapaian positif ini, akan semakin memotivasi jajaran Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat,” terangnya.

Trestyawati menejelaskan, penilaian penghargaan BPJS Kesehatan Award dilakukan secara ketat melalui beberapa tahapan seleksi.

Dalam melaksanakan tugas, tim penilai yang diketuai Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi melibatkan seluruh unsur yang terkait dengan program JKN-KIS.

“Unsur-unsur yang terlibat dalam penilian BPJS Kesehatan Award ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (Dede Yusuf) , asosiasi dinas kesehatan pusat, yayasan konsumen, asosiasi profesi, dan asosiasi fasilitas kesehatan,” paparnya.

Selain berdasarkan data-data yang dikirimkan, tim penilai juga melakukan survei langsung ke lapangan untuk melihat kondisi fasilitas kesehatan yang sebenarnya.

“Khusus untuk penilaian Rumah Sakit, tim penilai juga ada yang menyamar sebagai pasien untuk menilai langsung kualitas pelayanan yang diberikan,” ungkapnya.

Nominasi penilaian peraih BPJS Kesehatan Award 2019 antara lain meliputi: 23.102 FKTP, 2.406 Rumah Sakit dan 1.264 Apotek. Proses seleksi dilakukan dari tahapan kantor cabang, kantor kedeputian wilayah, hingga tingkat nasional.

“BPJS Kesehatan Award dapatmenjadi contoh, benchmark kepada faskes lain, jika ingin menjadi mitra BPJS Kesehatan, standar ini yang dilihat,” terangnya.

Selain RSUD Ahmad Yani, rumah sakit lainnya yang menerima penghargaan serupa, antara lain: Rumah Sakit Pelni Jakarta, Rumah Sakit Awal Bros Bekasi, Rumah Sakit Ibu dan Anak Klaten dan Rumah Sakit Tulungagung.(EA)

Share :