Pengurus Dekranasda Provinsi Lampung Masa Bakti 2019-2024 Dilantik

Share :

ragamlampung.com,Metro – Ketua Dekranasda Kota Metro, Heriyati Achmad Pairin, hadiri Pelantikan pengurus Dekranasda Provinsi Lampung Masa Bakti 2019-2024 di Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (03/09/2019).

Pada acara ini, Istri Kepala Daerah memakai pakaian Pengantin Kabupaten/Kota masing-masing dengan menyertakan para pengurus Dekranasda 5 orang dengan berpakaian berciri khas Kabupaten/Kota masing-masing.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Dekranasda ini, saya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung beserta pengurus, mengajak untuk menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha, serta berupaya meningkatkan kehidupan para pelaku pengrajin.

“Untuk mewujudkan tujuan itu, saya bersama pengurus merencanakan beberapa kegiatan, diantaranya memberikan bekal pelatihan terhadap anak-anak di SLB guna mengarahkan keterampilan siswa-siswi dalam kerajinan, mengumpulkan para pengrajin dan memfasilitasi, mengadakan lomba desain batik Lampung dengan harapan tumbuh kreasi baru,” ujarnya.

Riana Sari juga merencanakan untuk memperkenalkan batik Sembagi di istana negara melalui seragam yang dipakai, serta membuat ruang pajang/showroom Dekranasda di Pahoman untuk lebih menarik.

“Saya berpesan kepada pengurus yang baru saja dilantik agar benar-benar serius dalam mengemban tugasnya dan dapat merangkul masyarakat yang berminat dalam hal kerajinan, dan juga dapat membantu untuk melestarikan kebudayaan di Lampung, sudah selayaknya masyarakat ikut menjaga seni dan budaya daerah, yang merupakan salah satu identitas bangsa yang wajib kita jaga bersama,” kata Ketua Dekranasda Provinsi Lampung.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, didalam sambutannya menyatakan, bahwa peranan Dekranasda sangat diperlukan dalam memperhatikan dan meningkatkan kepentingan perajin dengan mendorong semangat berwirausaha, mempromosikan produk hasil kerajinan dengan mengikuti pameran dalam rangka perluasan pasar di dalam dan luar negeri.

“Pembentukan Dekranasda diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah, dan kepada pengurus Dekranasda diharapkan dapat melakukan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung agar hasil pembinaan kepada perajin dapat maksimal, dan juga keberadaan ruang pajang atau showroom Dekranasda dapat dimanfaatkan oleh para perajin untuk memajang hasil kerajinannya,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Arinal mengucapkan selamat untuk anggota kepengurusan Dekranasda Provinsi Lampung 2019-2024. Semoga Dekranasda Provinsi Lampung bersama kepengurusan yang baru semakin maju dan berjaya.

Pada kesempatan tersebut, setiap Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota beserta pendamping menampilkan peragaan pakaian adat lampung, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung kepada Hj. Heriyati Achmad Pairin atas partisipasi dalam peragaan pakaian adat Lampung pada acara Pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Lampung masa bakti 2019-2024 di Balai Keratun.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Gubernur Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Pj. Sekretaris Daerah beserta Asisten, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua Organisasi Wanita Provinsi Lampung, dan undangan yang turut hadir. (EA)

Share :