Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI

Share :

ragamlampung.com,Metro – Menghadiri Upacara Hari Pramuka ke-58 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Metro tahun 2019 dengan tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI,” yang digelar di Samber Park, Kamis (19/09/2019).

Acara diawali dengan pertunjukan Tari Bedana dari 65 TK se-Kota Metro yang dibawakan oleh 1040 peserta Pra-Siaga yang berasal dari 5 Kecamatan.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso yang disampaikan oleh Achmad Pairin menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka harus siap sedia membangun keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janji Trisatya, yaitu menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menolong sesama dan mempersiapkan diri membangun masyarakat serta menepati Dasadarma. Sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Pramuka siap menjaga keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari.

“Saya berharap kita semua memiliki kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI. Hentikan segala upaya untuk menyeret Gerakan Pramuka ke dalam wilayah politik praktis, karena Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, dan kita semua bersatu didalamnya,” ucap Pairin.

Pada kesempatan yang sama, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka dan pembukaan Metro Scouts Expo 2019 serta peluncuran Aplikasi e-KTA (Kartu Tanda Anggota) Pramuka Elektronik. Kegiatan Metro Scouts Expo berlangsung dari tanggal 19 September sampai dengan 22 September 2019.(ea)

Share :