Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Terintegrasi

Share :

ragamlampung.com,LAMPUNG TIMUR – Memberi sambutan dalam acara Kegiatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Terintegrasi 12 Indikator Program Indonesia Sehat Kabupaten Lampung Timur, Kamis (03/10/2019), Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari sampaikan rasa syukurnya melihat antusias warga meski dibawah terik matahari pagi.

“Terkait dengan gerakan masyarakat hidup sehat, saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada segenap pihak dan melihat antusias masyarakat yang bergabung meski dibawah terik matahari pagi namun tidak menyurutkan semangat masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zaiful terlihat tidak sendiri, hadir pula Kasdim 0429/Lampung Timur Mayor Kav. Joko Subroto, Kajari Diwakili Oleh Staf Hukum Pidana, Dani, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Kepala Rutan Kelas IIB Sukadana, Damri, Kepala OPD Pemkab Lampung Timur, Camat se-Kabupaten Lampung Timur, Kepala UPTD Puskesmas seluruh Lampung Timur, serta Kepala Desa Sukaraja Tiga, Komang Priawan.

Melanjutkan penyampaiannya, dalam acara yang di gelar di Lapangan Catur Sakti, Desa Sukaraja Tiga, Kecamatan Marga Tiga tersebut, orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Lampung Timur memiliki program terkait dengan jaminan kesehatan.

“Beberapa waktu yang lalu kita telah membagikan kartu Indonesia sehat (KIS) yang mana itu merupakan program dari bapak Presiden Joko Widodo untuk bapak ibu yang mungkin mengalami gangguan kesehatan maka dapat berobat gratis di seluruh Indonesia. Bagi yang mendapatkan kartu tersebut harus segera mendaftarkannya di UPTD kesehatan baik itu di Kecamatan Margatiga atau daerah lainnya,” paparnya.

“Tidak kalah dengan program tersebut, Pemerintah Lampung Timur juga memiliki program terkait jaminan kesehatan yang mana bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu KIS dan BPJS maka bisa berobat gratis di Puskesmas di Lampung Timur dan RSUD Sukadana dengan menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga,” imbuhnya.

Masih oleh Zaiful, selain pengobatan gratis terdapat pula program ambulan gratis tersebar di 24 kecamatan se-Lampung Timur yang mana dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat. sementara itu ada pula program perbaikan infrastruktur jalan yang ada di Lampung Timur.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama bergandengan tangan bahu membahu mensukseskan program yang sudah ada” ujar pria yang memiliki hobi bersepeda itu.

“Saya meminta kepada kita semua untuk dapat bersama-sama mensosialisasikan bahwa kesehatan itu sangat penting apalagi bagi anak-anak kita karena merekalah yang akan meneruskan estafet kepemimpinan kita. Dan pemerintah telah memprogramkan terkait dengan kesehatan dengan tujuan agar seluruh masyarakat Lampung Timur ini sehat. Mari kita menjaga kesehatan dan kekompakan agar Lampung Timur kedepan dapat semakin baik,” pungkasnya.

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan Germas ini, antara lain senam masal, sosialisasi isi piringku, pelepasan balon germas, penandatanganan komitmen penurunan stunting, cuci tangan pakai sabun, makan buah bersama, penilaian lomba 12 indikator dan lima tema kampanye germas, donor darah serta peninjauan seluruh stand UPTD Puskesmas.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan pula pemenang lomba stand puskesmas terbaik yang mana dimenangkan oleh UPTD Puskesmas Pugung Raharjo, serta UPTD Puskesmas Raman Utara dan UPTD Puskesmas Sekampung sebagai juara dua dan tiga.(imron)

Share :