Wah….Vaksin Palsu Ditemukan Beredar di Bandar Lampung

Share :

vaksin palsu

ragamlampung.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melalukan penyisiran di sembilan provinsi di Indonesia terkait temuan vaksin palsu Bareskrim Polri. Dari sembilan provinsi tersebut, salah satunya di Kota Bandar Lampung, ditemukan ada empat sampel vaksin yang diduga telah dipalsukan.
Provinsi lainnya yang terdapat vaksin palsu adalah Pekanbaru, Palembang, Serang, DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Pangkal Pinang, dan Batam.
Direktur pengawasan Distribusi Obat Badan POM, Arustiono mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran di seluruh wilayah Indonesia. Hasil penelusuran, terdapat 37 fasilitas kesehatan yang berada di sembilan provinsi yang kedapatan ada vaksin palsu. “Mereka mendapatkan vaksin dari sumber yang tidak resmi dengan jumlah sampel sebanyak 39 jenis,” ujar Arustino Selasa (12/7).
Pihaknya telah melakukan pemeriksaan pengujian sampel tersebut. Dari 39 sampel telah ditemukan empat sampel yang isinya tidak sesuai, misalnyaada satu sampel yang diduga palsu karena label tidak sesuai dengan isi. “Jadi ada satu vaksin tulisannya DPT, tapi isinya justru hepatitis B,” ujar dia. (rio)
Share :