Lampung Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan di beberapa wilayah Pulau Jawa, sebagian Sumatera, dan Kalimantan, cenderung meningkat pada akhir Agustus hingga awal September 2016. Begitu juga dengan potensi angin kencang yang menyertai fenomena hujan lebat juga cenderung meningkat.

Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra, mengatakan, Jumat (2/9/2016), diperkirakan bulan September ini yang merupakan periode peralihan musim di beberapa wilayah di Indonesia, akan memunculkan potensi pembentukan awan hujan yang bersifat sporadis.

Artinya, awan hujan dapat terbentuk lebih cepat dan menimbulkan hujan yang turun dengan singkat namun dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

“Begitu juga potensi angin kencang atau puting beliung yang juga cukup potensial terjadi terutama pada periode siang hingga menjelang malam hari. Meskipun memiliki skala wilayah yang cukup kecil, namun adanya potensi angin kencang agar diantisipasi oleh masyarakat,” paparnya.

Utamanya terkait dengan kondisi bangunan, pohon-pohon yang rapuh ataupun kondisi lingkungan agar lebih siap menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba.

“Sedangkan wilayah Indonesia untuk seminggu ke depan, potensi hujan muncul di beberapa kota di Pulau Jawa serta sebagian Lampung dan Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Utara, serta wilayah Indonesia bagian Timur seperti Maluku tenggara dan Papua juga cukup potensial,” kata dia. (ar)

Share :