BMKG: Waspadai Cuaca di Lampung

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com -– Badan Meteorologi. Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung. mengeluarkan peringatan untuk warga masyarakat Lampung, mewaspadai cuaca buruk yang akan terjadi tiga sampai empat hari ke depan.

Berdasarkan analisis kondisi atmosfer, terpantau indikasi munculnya potensi (hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang) di sekitar wilayah Lampung. dan sekitar perairannya dalam periode tiga sampai empat nanti.

“Masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujar Kepala BMKG Lampung Sugiyono, Senin (3/10/2016) malam..

Pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,0 meter – 5,0 meter di perairan barat Lampung hingga perairan Bengkulu, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan dan barat,

Wilayah yang sudah sering tergenang banjir harus lebih meningkatkan kewaspadaan dini. Curah hujan sudah cukup tinggi dan ekstrem, banjir dan longsor bisa terjadi kapan saja.

Ia mengatakan, saat hujan turun dan tanah resapan sudah jenuh, akan mudah terjadi banjir. Karena itu, perlu kewaspadaan terhadap bangunan tua, papan reklame, billboard, dan pohon yang bercabang dan tua perlu dilakukan. (ar)

Share :