2 Desember, 300 Ribu Banser dan Ansor Diturunkan Jaga Jakarta

Share :

banser-lampung-turun-ke-jakarta
ragamlampung.com — Barisan Serba Guna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor menyiapkan sekitar 300 ribu anggotanya terjun ke Jakarta pada 2 Desember 2016 nanti. Mereka berasal dari Banser Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Lampung. Dan akan ditempatkan di sejumlah titik di Jakarta.

Komandan Banser NU Kabupaten Malang, Ali Murtadlo, mengatakan, titik kumpul Banser itu masih rahasia, tapi personel gabungan ini akan apel kebangsaan di Jakarta.

“Banser dan GP Ansor tidak ikut unjuk rasa, tapi ikut mengamankan Jakarta. Tujuannya menjaga NKRI. Kalau ada gerakan makar pada demo 2 Desember nanti, kami siap berhadapan dengan mereka,” kata dia, Selasa (22/11/2016).

Ia hanya menyebutkan satu titik yang menjadi perhatian Banser adalah gedung DPR RI, karena sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut gedung ini akan dikuasai massa.

“Jika ada massa yang berusaha melakukan hal tersebut, Banser dan Ansor akan melawan,” katanya menegaskan.

Barisan dan Ansor Kabupaten Malang sendiri berniat mengirimkan 5.000 orang pada 2 Desember nanti. Ali Murtadlo mengatakan, pihaknya sudah membuka posko pendaftaran di Sekretariat PC GP Ansor. “Seluruh Jatim ditarget ada 50 ribu orang yang berangkat ke Jakarta,” katanya.

Panitia, kata dia, sudah menyiapkan 10 bus. Ansor dan Banser juga terus menggalang dana pemberangkatkan personel yang terdaftar. (ar)

Share :