Pernikahan di Desa Talang Batu Mesuji Pertahankan Ciri Khas dan Tradisi

Share :

ragamlampung.com – Pesta Pernikahan Rakyat Keturunan Asli Mesuji, di Desa Talang Batu, Dusun Tebingtinggi, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Minggu, (16/4/2017) begitu meriah.

Pesta Pernikahan itu dimeriahkan oleh sohibul hajatnya dengan menghadirkan orgen tunggal “Pelangi” house musik.

Ciri khas, tradisi, dan sudah menjadi kebiasan, pesta-pesta Pernikahan Rakyat Mesuji berlakukan sumbangsih tamu undangan dengan sistem ‘Lelang.’

Lelang artinya, tawar menawarnya tamu undangan yang ingin menyumbang kepada tuan hajat atas sesuatu(benda atau berbentuk makanan) yang disuguhkan dan dilelangkan dalam pesta tersebut.

Para pemenang lelang, akan diberi keistimewaan atau kesempatan untuk bernyanyi membawakan sebuah tembang lagu. Hal ini dilaksanakan secara bergiliran, sesuai dengan nomor urut pemenangan lelang masing-masing pengemen lelang.

Kepala Desa Talang Batu, juga sebagai Ketua Panitia pesta Sulham, dalam kesempatan itu diberikan waktu menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya ia berpesan teruntuk semua pihak, untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketentraman berlangsungnya Pesta Pernikahan, agar terwujud sepenuhnya niatan berpesta sejatinya, tanpa tuai hambatan.

“Mari kita sama-sama menjaga keamanan, kenyaman dan ketentraman acara resepsi pesta pernikahan ini. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, yang dapat berhentikan berlangsungnya pesta,” harap Kades Sulham.

Tak lupa, Kades Sulham mengucapkan selamat kepada sepasang pengantin itu. Ia mendoakan agar mereka dapat langgeng, cepat mendapatkan momongan, dan akur sampai maut menjemput.

“Saya ucapkan selamat kepada sepasang pengantin. Saya doakan agar kalian langgeng, cepat mendapatkan momongan, dan akur sampai maut menjemput,” ucapnya lagi.

Kemudian, Pesta berlanjut ke tahapan ‘Semangsi,’ yang artinya berjabat tangan sepasang pengantin dengan para tamu undangan. Hal itu dijadikan pertanda, memberikan ucapan selamat atas pernikahan sepasang pengantin itu.

Tari sembah yang disajikan oleh kaum pemudi setempat, juga ramaikan pesta pernikahan itu.

Dan, suasana pesta berlangsung ramai, meriah, dan aman hingga berita ini terbit. Direncanakan, seperti pesta pernikahan rakyat mesuji lainnya, pesta akan berlangsung sampai esok pagi. (gst)

Share :