Kemegahan Ibukota Korea Utara Diisi Kesunyian

pyongyang, korea utara
Share :

ragamlampung.com — Fotografer asal Singapura, Aram Pan diizinkan memfilmkan ibukota Korea Utara, Pyongyang dari langit menggunakan pesawat Piper Matrix PA-46. Dalam video itu terlihat Pyongyang penuh dengan gedung pencakar langit tapi, suasanya lenggang. Kota itu hanya dihuni 2,58 juta jiwa.

Pan diberi izin membuat film oleh penguasa Korea Utara sebagai bagian dari proyek DPRK360 – proyek menampilkan perspektif berbeda tentang negara itu melalui gambar dan film.

Rekaman yang menarik menunjukkan bahwa Pyongyang serupa dengan kota metropolitan manapun di dunia. Penuh dengan gedung pencakar langit dan bangunan berwarna-warni, dilengkapi infrastruktur jembatan dan jalan modern.

Tapi, satu aspek kehidupan di ibukota itu sangat berbeda – tidak ada orang yang terlihat, jalanan yang lebar dan mulus sepi dari arus lalu lintas kendaraan bermotor.

Pan satu-satunya orang asing yang diizinkan membuat film di Korea Utara. “Saya memublikasikan apapun yang saya lihat dan alami. Apa yang Anda lihat adalah apa yang saya lihat di Korea Utara,” katanya melalui situs DPRK360, dilansir dari Mirror, Jumat (8/9/2017). (ar)

Share :