Anggota Bawaslu 25 Provinsi Segera Dilantik

Share :

ragamlampung.com — Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari 25 provinsi akan dilantik serentak pada Rabu (20/9/20170. Jumlah anggota Bawaslu provinsi yang dilantik itu sebanyak 75 orang, terdiri 61 laki-laki dan 14 perempuan. Mereka dari 1.622 orang yang terdaftar.

“Kalau kategorinya, yang lolos seleksi ada 16 petahana atau anggota Bawaslu provinsi lama yang lolos lagi, 15 orang dari KPU kabupaten/kota dan provinsi, 19 orang akademisi, dan 25 jabatan lainnya seperti advokat, wartawan, atau panwaslu kabupaten/kota,” kata Ketua Bawaslu RI, Abhan, di Jakarta Senin (18/9/2017).

Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menambahkan, jumlah 14 perempuan itu belum memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan di jabatan Bawaslu provinsi. Namun, pihaknya telah berupaya agar kuota terpenuhi.

Jumlah perempuan yang mengikuti tahapan fit and proper test menjadi Bawaslu provinsi sebanyak 23 orang.

Anggota Bawaslu dari perempuan itu di Lampung, Jambi, Yogyakarta, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Lampung, Banten, dan DKI Jakarta, Maluku Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat. (ar)

 

Share :