Bangun Ketahanan Pangan Melalui Gerakan Pengelola OPT

Share :

ragamlampung.com – Pemerintah Kota Metro Rapat Koordinasi dengan Dewan Ketahanan Pangan tahun 2018. Rapat di pimpin oleh Sekda Kota Metro A. Nasir berlangsung di OR Setda Kota Metro, Senin (29/10/2018).

Kegiatan ini dihadiri Pokja ahli, Kepala OPD se-Kota Metro. Satgas Pangan Kota Metro, anggota dewan ketahanan pangan Kota Metro, ketua perkumpulan pemakai air se-Kota Metro Gapoktan 72 orang. Acara ini akan di isi oleh 3 (Tiga) narasumber dari Dinas Pertahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Maman Hartaman Fungsional BPTPH Provinsi Lampung dan Zeni sulistiani.

Sekda Kota Metro A. Nasir mengatakan kegiatan yang bertemakan Membangun Ketahanan Pangan Melalui Gerakan Pengelola Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dalam Pendukung Kedaulatan Pangan seperti ini, minimal di adakan 1 tahun 4 kali. Dimana Pemerintah Kota untuk mengevaluasi, menganalisis dan mengambil tindakan.

“Dan kadaulatan pangan memiliki peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan baik hal menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian, dan pengawasan bagi keseluruhan sub sistem pangan, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan konsumsi pangan dan gizi,” ujar A. Nasir.

Ketua pelaksana mengatakan tujuan dari pelaksanaan rapat ini adalah, untuk menjalin koordinasi dan komunikasi secara intensif, sehingga diharapkan menghasilkan rumus yang sinergi dalam menyelesaikan masalah-masalah pembangunan ketahanan pangan. Serta mewujudkan ketahanan pangan yang berasaskan dengan kemandirian dan kedaulatan pangan di Kota Metro sebagai terdapat pada Visi Kota Metro.

“Sehingga diharapkan dari kegiatan ini, untuk tersusunnya sebuah rumusan kebijakan dan langkah strategis, melalui gerakan pengendalian organisme penggangu tanaman. Serta kedepannya sebagai bahan pemasukan bagi pemerintah kota metro untuk mendukung kedaulatan Kota Metro,” ucapnya.(*)

Share :