Selain Kotak Hitam, Tim SAR Juga Temukan Banyak Jasad Menempel di Pesawat 

Share :

ragamlampung.com – Selain berhasil menemukan Black Bis atau kotak hitam, Satuan Tugas (Satgas) SAR dan tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) telah berhasil banyak puing-puing pesawat dan juga jasad korban, Kamis (1/11/2018).

Komandan Satuan Tugas SAR Kolonel Isswarto, mengungkapkan bahwa tim berhasil menemukan banyak jasad dengan kondisi yang beramacam-macam.

“Banyak juga jenazah yang ditemukan. Ada yang masih melekat di puing-puing pesawat, ada juga yang menempel di kursi penumpang. Kami terus lakukan evakuasi,” kata Isswarto.

Ia mengaku saat ini timnya sedang berusaha mengangkat puing pesawat tersebut.

Usaha itu segera dilakukan agar puing pesawat tidak semakin dalam dan tertimbun lumpur di dasar permukaan.

“Sekarang masih dilakukan penyelaman dan dasarnya itu lumpur. Jadi kami sedikit mengalami kesulitan. Kalau tidak segera diangkat, semakin lama akan tertimbun,” kata Isswarto.

Dia menambahkan bahwa kotak hitam tersebut ditemukan dalam keadaan tidak utuh, ia meyakini bagian lainnya masih berada sekitar lokasi penemuan.

“Belum lengkap. Karena black box itu putus,” jelas Marsekal Madya Muhammad Syaugi.

“Apakah itu cockpit voice recorder, atau flight data recorder, KNKT yang akan menerangkan,” tambahnya.

Pencarian kotak hitam pada hari ini dilakukan oleh 850 orang dari tim gabungan dan dimulai sejak pukul 05.00 WIB.

Sebanyak 44 kapal juga diterjunkan guna mempermudah pencarian kotak hitam tersebut.

Setelah sekitar lima jam dilakukan pencarian akhirnya salah satu anggota Batalyon Intai Amfibi (Taifib), Sertu Marinir Hendra Saputra yang melakukan penyelaman berhasil menemukan bagian kotak hitam, tepatnya pada pukul 10.50 WIB. (dr)

Share :