KPU Tulang Bawang Launching Rumah Pintar Pemilu

Share :

ragamlampung.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Tulangbawang melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) pada Jum’at (21-12/2018).

Launching yang dihadiri komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih dan perwakilan partai politik dinamakan Nuwou Margou Pak Demokrasi KPU Tuba.

Ketua KPU Tuba Reka Punnata,  menyampaikan RPP sebagai upaya KPU dalam mengedukasi masyarakat dalam memahami tentang demokrasi dan kepemiluan.

“Selain itu RPP ini juga diharapkan sebagai upaya penyebarluasan informasi tentang demokrasi dan pemilu sehingga RPP bisa menjdi katalisator dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas, kredibel, berintegritas dan transparan,” terang Reka.

Dijelaskannya, Nuwou Margou Pak dapat menjadi sarana memfasilitasi para komunitas dan pengiat pemilu untuk melakukan berbagai hal apakah itu diskusi, riset dan silaturrahmi.

“Para kawan-kawan penggiat pemilu dan komunikasi juga dapat menjadikan Nuwou Margou Pak sebagi tempat diskusi maupun riset,” sebutnya.

Saat disinggung alasan pemberian nama RPP “Nuwou Margou Pak”, Reka menjelaskan pemberian nama tersebut dimaknai untuk membumikan substansi pemilu dan demokrasi yang familiar dengan budaya lokal dan ikut serta dalam menghormati hak-hak masyarakat lokal yang berlandaskan adat istiadat.

“Artinya demokrasi tidak bertentangan dengan adat, bahkan adat dan demokrasi seperti dua sisa mata uang yang tidak dapat dipisahkan,” ucapnya. (ded)

Share :