Uskup India Didakwa Atas Pemerkosaan Biarawati Berulang Kali

Share :

ragamlampung.com,New Delhi – Seorang uskip di India didakwa atas pemerkosaan berulang kali terhadap seorang biarawati di sebuah biara di pedesaan.

Wakil kepala kepolisian distrik setempat di negara bagian Kerala, India selatan, K. Subash mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (10/4/2019), uskup bernama Franco Mulakkal tersebut didakwa memperkosa Biarawatu berulangkali antara tahub 2014 dan 2016. Sang uskup juga dijerat dakwaan penculikan, seks tidak wajar dan penyalahgunaan kekuasaan. Mulakkal terancam hukuman penjara seumur hidup atas kasus ini.

Korban membuat laporan ke polisi pada Juni 2018 lalu, namun kepolisian baru mulai melakukan interogasi formal pada September saat kemarahan publik atas kasus ini meningkat. Saat itu, lima biarawati melakukan aksi-aksi protes selama berhari-hari bersama puluhan pendukung untuk memaksa otoritas agar menyikapi kasus ini dengan serius.

Sebelumnya pada Juli lalu, dua pastor ditangkap di Kerala karena diduga memperkosa dan memeras seorang wanita selama 20 tahun lebih.
Mulakkal akhirnya ditangkap pada Oktober 2018 sebelum bebas dengan jaminan. Para anggota senior Gereja Katolik di Kerala tetap mendukung uskup berumur 55 tahun itu, bahkan dia mendapat sambutan saat kembali ke keuskupan.

Mulakkal telah berulang kali membantah tuduhan pemerkosaan tersebut. Dia telah menulis surat kepada Paus Fransiskus dan meminta agar dirinya dinonaktifkan sementara selama penyelidikan berlangsung. Paus Fransiskus pun menonaktifkan Mulakkal dan menunjuk uskup lain sebagai penggantinya.

Mulakkal menyebut skandal ini merupakan konspirasi terhadap Gereja Katolik. Dia pun mendapatkan dukungan dari para jemaatnya di gereja Missionaries of Jesus Church.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekerasan seksual oleh para pastor dan kegagalan pejabat-pejabat senior Gereja untuk bertindak, telah menjadi salah satu skandal terbesar yang dihadapi Gereja Katolik di sejumlah negara.(reu/dr)

Share :