Pemkot Metro Hadiri Puncak Harganas XXVI di Kalimantan Selatan

Share :

ragamlampung.com,Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menghadiri Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani yang mewakili Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka acara tahunan tersebut, Sabtu (06/07/2019).

Dalam sambutannya, Puan Maharani menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia.

“Peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia. Ini merupakan Harganas yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh Indonesia.” terangnya.

Dijelaskan Puan, Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera.

Pemerintah memberikan penghargaan untuk program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program tersebut di daerahnya.

“BKKBN dan Kemenkes menjadi sarana mengingatkan kita semua bahwa mencintai keluarga berarti merencanakan keluarga bahagia. Tugas BKKBN tidak hanya melakukan upaya pengendalian penduduk, tetapi membangun pemahaman dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan dan sejahtera,” ucap Puan.

Sementara itu, Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo menyampaikan bahwa pada Peringatan Harganas XXVI telah diserahkan bantuan sosial dari Kementerian/Lembaga dan mitra kerja.

Pada peringatan Harganas ini, Pemerintah Kota Metro yang di hadiri oleh Wakil Walikota Metro, Djohan, mendapat penghargaan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI/2019.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Lampung Uliantina Meity, mengatakan penyerahan penghargaan tersebut untuk tiga Kepala Daerah termasuk Kota Metro yang berlangsung di Mahligai Pancasila rumah dinas Gubernur Kalimantan Selatan.

Penghargaan tersebut yakni Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN, untuk Wali Kota Metro Achmad Pairin.

Selain ketiga kepala daerah di Lampung tersebut, juga diberikan penghargaan Manggala Karya Kencana untuk tiga ketua tim penggerak PKK, salah satunya yakni Heryanti Pairin selaku Ketua TP PKK Kota Metro.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung itu menambahkan, pemberian penghargaan tersebut mengingat kepemimpinan, prestasi dan kepedulian mereka dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sehingga dijadikan teladan. (EA)

Share :