YBM BRI Serahkan Bantuan PPKUR kepada Pemkot Metro

Share :

ragamlampung.com,Metro – Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI menyerahkan bantuan Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PPKUR) kepada Pemerintah Kota Metro, yang langsung diberikan kepada Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Selasa (06/08/2019).

Dalam laporan Ketua Kelompok Tani Budiono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pembina Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI yang sudah memberikan bantuan kepada petani sebesar Rp. 249.000.000. Dimana bantuan ini akan dibagi dalam lima kelompok, dan masing-masing kelompoknya berjumlah 10 orang, jadi perkelompok mendapatkan bantuan senilai Rp 49.800.000.

“Sementara dana tersebut telah kami belanjakan untuk pembelian rotari 5 unit, diesel sedot air, tangki semprot, paranet, pupuk pestisida, bibit sayur mayur dan lain sebagainya. Kedepannya kami juga ingin membentuk Agrowisata, jadi para petani tidak hanya menanam sayuran saja, tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan lain dari agrowisata tersebut. Kami juga berharap Pemerintah dapat membangunkan lumbung penyimpanan untuk hasil pertanian,” kata Budiono.

Sedangkan Dewan Pembina YBM Wilayah Bandar Lampung Jhon Sarjono, mengatakan Bank BRI tidak hanya mengurusi masalah bisnis dan komersial saja, namun hal ini sebagai program kepedulian sosial pada masyarakat.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah salah satu bentuk Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PPKUR). Dengan tujuan utama untuk memberdayakan para usaha kecil khususnya petani, agar punya kemandirian usaha yang lebih baik dengan berbagai program pendampingan, maupun program stimulan pemberian modal usaha. Sehingga petani kecil ini untuk kedepannya, bisa mengembangkan usahanya lebih lanjut lagi,” ungkap Jhon Sarjono.

Kemudian dari pada itu, Wakil Walikota Metro Djohan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah membantu rakyat Kota Metro khususnya di Kelurahan Karangrejo, petani dapat lebih maju karena kerja sama bank, begitu juga dengan bank.

“Metro Utara merupakan penghasil sayur mayur sehingga harapannya, Dinas Pertanian dapat terus memantau. Kemudian untuk kedepannya, jalan di Karangrejo harus diperbaiki sehingga petani sayur lebih mudah dalam mendistribusikan sayurannya. Dan pesan saya, setiap kelompok dapat menggunakan fasilitas yang kami berikan, baik sarana dan prasarana dengan baik,” tegas Djohan.

Diakhir sambutannya, Wakil Walikota Metro juga berharap bahwa, bantuan yang diberikan ini tidak hanya di Kelurahan Karangrejo, melaikan juga ada di kelurahan/ kecamatan lain, baik berupa sayuran, peternakan atau perikanan.(EA)

Share :