Wahyu Lesmono Dicopot dari Ketua DPD PAN Bandarlampung

Share :

ragamlampung.com – Ketua DPD PAN Bandarlampung, Wahyu Lesmono dicopot dari jabatannya.

Selain DPD Bandarlampung, ada empat orang lagi yang dicopot jabatannya. Yakni, Asmara Dewi dari Ketua DPD PAN Lampung Timur, Mega Sari dari Ketua DPD PAN Metro, Murni dari Ketua DPD PAN Lamteng, dan Agus Setio dari Ketua DPD PAN Mesuji.

Salah satu penyebabnya  karena kelimanya tidak maksimal dalam pengelolaan anggaran saksi Pileg 2019.

“Ya salah satunya karena penggunaan dana saksi. Tidak maksimal karena sudah kita kucurkan Rp2,6 miliar. Dari 15 DPD, ya lima daerah itu yang kita copot Ketuanya,” ujar Plt. Ketua DPW PAN Lampung Ifran Nuranda Djafar usai pleno di Sekretariat DPW PAN Lampung, Senin (19/8).

Irfan melanjutkan, posisi kelimanya nanti akan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt). Di mana, nanti akan dipilih kembali melalui pleno.

“Nanti DPW yang punya kewenangan. Kita plenokan lagi nanti siapa sosok yang tepat menjadi Plt. Ketua di lima DPD itu. Secepatnya nanti kita lakukan, ” kata dia.

Irfan menyebut, evaluasi ini dilakukan untuk membenahi partai. Dasar pencopotan ketua DPD bukan hanya dari persoalan tidak optimalnya penggunaan dana saksi saja, akan tetapi beberapa faktor lain juga mendukung.

“Misalnya di Lampung Timur itu kita hanya dapat satu kursi saja. Ini kan krodit. Dengan sangat berat, ya kita putuskan untuk evaluasi, ” jelasnya.

Dia juga meminta kepada lima orang tersebut untuk tetap membantu memajukan PAN. “Tetap kita fungsikan sebagai Dewan Penasihat di masing-masing DPD,” kata dia.(rl/dr)

Share :