Monitoring Pembangunan 11 Desa Kecamatan Raman Utara

Share :

ragamlampung.com,Lampung Timur – sebelas Desa se-kecamatan Raman Utara  membangun desa, kini berubah menjadi desa Membangun, karena desa memiliki Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membangun wilayahnya. Namun untuk tepat guna dan tepat sasaran, penggunaannya perlu monitor dan evaluasi (Monev) agar tidak ada penyalahgunaan  dalam menjalankannya.

Bersama Kepala Desa Se kecamatan di wakili Masdar, Kasi PMD Sigit pendamping kecamatan dan lainnya, mengadakan kegiatan Monitoring DD dan ADD tahun2019, di aula Balai Desa Raman Aji

Camat Andan, mengatakan, kegiatan Monitoring dan evaluasi ini adalah bentuk peninjauan kita terhadap apa yang telah kita lakukan, untuk pembangunan dalam memenuhi keinginan masyarakat. Kegiatan ini juga untuk melihat sejauh mana kegiatan memajukan perekonomian desa dengan BUMDes,

”Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes ini selalu menguntungkan buat Pendapat desa, bila tidak bisa berarti pengelolanya yang salah,” ujar Andan, Kamis, (06/02/2020).

Kepala Desa Raman Aji, Masdar, membeberkan melalui slide gambar gambar yang telah dibangun baik jembatan, lapen,  Grandnase dan lainnya, sebelum di bangun dan sesudahnya pada semua peserta acara monitoring di aula Balai desa Raman Aji.

”Untuk BUMDes, desa kita memiliki usaha warung sembako,alat rumah tangga dan sayur mayur ujarnya kades

”Untuk penggunaan dana yang kita gunakan dalam pembangunan yang dibiayai DD dan ADD ini, kita transparan dengan semua, baik BPD maupun masyarakat dengan memasang perincian dengan baliho besar didalam kantor Desa,” tegas Masdar.

Selanjutnya, pihak kecamatan Raman Utara, Pendamping Kecamatan, pendamping desa, kades dan semua meninjau ke lokasi pembangunan yang akan dimonitor dan dievaluasi baik ukuran volume serta material yang digunakan.

Dalam acara monev hari ini sebelas Desa kecamatan Raman utara dana desa (DD) anggaran tahun 2019 selesai, cek fisik dan admitrasi berjalan dengan prosedur dan transfaransi.

“Adapun dari tiem monitoring ada kendala kekurangan ukuran akan segera di benahi ungkap,” ungkap Masdar. (imron)

Share :