Imron Arifin Ajak Lacak Warga yang Kontak Langsung dengan Pasien Covid-19

Share :

ragamlampung.com,lampung timur -Kordinator Bidang Ekonomi dan Koperasi Lembaga Pijar Keadilan, Imron Arifin mengajak masyarakat Kecamatan Batang Hari Nubn Kabupaten Lampung Timur khususnya Desa Kedaton Satu untuk melakukan atau melacak orang-orang yang pernah berkontak langsung dengan pasien positif Covid-19 untuk mengendalikan penularan.

Kendati demikian, tidak semua orang yang pernah berhubungan langsung dengan pasien Covid-19 menjalani isolasi di rumah sakit Rabu 8/04/2020.

Sedangakan dinas kesehatan menghimbau untuk mengisolasi semua orang yang punya riwayat kontak dengan penderita Covid-19. Selain itu, ada pula di antara orang yang pernah berkontak langsung dengan pasien menghendaki karantina mandiri selama 14 hari dengan pantauan petugas kesehatan.

“Lakukan self-isolate, gunakan masker yang benar, lakukan social distancing (jarak sosial), tidur sendiri dulu, tidak berbagi alat makan dan minum, segera cuci alat makan tersebut dengan sabun cuci,” kata Imron untuk penanganan virus corona.

“Kita tahu virus ini bungkusnya sangat rapuh oleh detergen apa pun. Jadi ini yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Ia menyarankan warga mengikuti anjuran karantina mandiri karena ada penderita Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala sakit. Mereka tanpa sadar bisa menularkan virus kepada orang lain saat beraktivitas di luar rumah.

“Itu berbahaya karena sebenarnya kita bisa kerja sehari-hari tanpa tahu kita menularkan ke orang-orang yang imun dan kesehatannya lebih lemah,” ujarnya Imron Arifin yang berprofesi sebagai jurnalis .(ragam lampung.com)

Share :