Kadis PMD Kabupaten Mesuji Gulirkan Dana BLT

Share :

ragamLampung.com – Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, yang langsung dikomandoi Kadis PMD Kabupaten Mesuji, Sunardi SE, Camat Iwan Rifai Dan Kepala Desa, Mu’amar, Senin (11/05/2020) menggulirkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 50 kepala keluarga (KK) senilai Rp 600.000/KK.

Dana yang dibagikan pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) dengan total Rp 30 juta, yang akan digulirkan selama tiga bulan berturut – turut.

Mu’amar dan Camat Mesuji yang datang langsung secara door to door ke setiap penerima mangatakan, dana BLT yang dibagikan pada setiap penerima besarannya adalah Rp 600.000/KK. Hal ini sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI.

“Anggaran Dana Desa (DD) tahun ini, memang instruksi Kemendes, sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19, bentuknya harus bantuan langsung tunai (BLT),” ujarnya, Senin (11/05/2020).

Dikatakannya, pemberian BLT pada 50 KK, bukan saja kali ini saja, melainkan akan dilakukan setiap bulannya selama tiga bulan ke depan. “Ini bentuk perhatian Pemerintah pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Desa Sidomulyo tidak mengalokasikan dana BLT ke paket sembako. Tidak boleh dialihkan ke sembako tetapi ke BLT,” ucapnya.

Cara door to door, menurutnya, merupakan salah satu cara menghindari kerumunan warga serta mendukung program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sengaja, saya didampingi babinsa, babinmas dan perangkat desa dalam menyalurkan BLT ini ke setiap rumah warga,” tutupnya.(san)

Share :