Desa Restu Rahayu Bangun Dua Posko Penanganan Covid-19

Share :

ragamlampung.com,Lampung Timur – Pemerintahan Desa (Pemdes) bangun dua posko gugus tugas dalam penanggulangan covid-19 di desa Restu Rahayu Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, Minggu (17/05).

Sarana posko pendataan dan Penanggulangan covid-19, didirikan sebagai tempat para relawan desa untuk memantau perkembangan dan serta masyarakat yang diduga terpapar virus Corona.

Pendirian posko kesehatan penanganan covid-19 ini merupakan bagian dari upaya Pemdes dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di Desa tersebut. Apalagi jumlah penduduk yang baru pulang dari daerah lain cukup meningkatkan.

Kepala Desa Restu Rahayu Gusti Putu Muliarka menyampaikan, tempat ini adalah salah satu sarana para relawan dan masyarakat yang ingin melaporkan bahwa adanya saudara atau keluarga yang baru datang dari luar daerah.

“Posko gugus tugas ini di bentuk sesuai atas instruksi dari pemerintah dalam penanggulangan dan penanganan virus Corona, yang sudah di susun mulai dari teknis dan sistem jaga,” ujar Gusti.

Lebih lanjut, kata Gusti posko ini di jaga oleh seluruh perangkat desa, mulai dari Limas, tokoh masyarakat, kader-kader, serta simpatisan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

Di posko ini juga disediakan alat pelindung diri (APD) seperti hand sanitizer, cairan disinfektan dan masker. Apabila ada warga diduga terpapar virus korona, serta selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan membawa ke rumah sakit rujukan yang sudah ditentukan.

Untuk di ketahui, Desa Restu Rahayu untuk saat ini tidak ada Orang Dalam Pengawasan (ODP). Untuk meningkatkan kewaspadaan Pemdes sudah melakukan empat kali penyemprotan, dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan 1 kali lagi penyemprotan. (tim/imron)

Share :