Gugus Tugas Covid 19 Lamtim Persiapkan New Normal

Share :

ragamlampung.com,LAMPUNG TIMUR – Gugus tugas Covid 19 kabupaten Lampung timur (Lamtim) melakukan rapat di aula utama sekretariat daerah Lamtim untuk mempersiapkan New Normal, Senin (15/6).

Bupati Lamtim Zaiful Bukhori yang juga sebagai ketua Gugus tugas Covid 19 kabupaten Lamtim mengatakan, kabupaten Lamtim merupakan zona hijau nomor urut 102 kabupaten/kota seindonesia. Hal Ini adalah salah satu bentuk keberhasilan sehingga kabupaten Lamtim bebas covid 19.

“Terkait persiapan new normal kami tidak menginginkan apabila new normal diterapkan justru bisa mengakibatkan masyarakat Lamt terpapar covid 19. Insya Alloh tidak ada frase kedua untuk Covid 19 ini. Oleh karena itu harus dilakukan secara matang persiapan New Normal,” papar Zaiful.

Tahapan baru new normal ini lanjut Zaiful, akan dilakukan oleh kabupaten Lamtim, dalam penerapannya ada 5 hal yang harus dilakukan dalam New Normal yang pertama prakondisi harus dilakukan secara masif terutama protokol kesehatan seperti menggunakan masker, social distancing atau jaga jarak terutama yang mengkhawatirkan seperti kota-kota besar banyak terpapar covid 19 di keramaian atau di pasar-pasar, biasakan hidup sehat untuk mencuci tangan dan untuk dipasar-pasar harus menyiapkan cuci tangan permanen.

“New normal ini mempersiapkan diri dengan sebaik-sebaiknya,” kata Bupati Lamtim Zaiful Bukhori.

Tahap kedua yakni timing atau penentuan waktu untuk menghitung secara tepat dan cermat dalam mengambil kebijakan. New normal harus lakukan dengan tepat dan matang. Yang ketiga tahap prioritas dengan menerapkan protokol kesehatan seperti tempat ibadah, lalu kepada satpol PP mempersiapkan apel atau upacara bisa dilaksanakan dengan catatan memungkinkan namun untuk sementara ditiadakan, sektor ekonomi yakni sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pasar harus menjadi prioritas.

Terkait sektor pariwisata sudah bisa dipersiapkan namun terkait wisata kolam renang tidak diperkenankan untuk di buka. Tahapan ke empat yakni tahapan koordinasi dengan pemerintah pusat dan Provinsi. Tahap ke lima yakni tahapan monitoring dan evaluasi.

Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan mengatakan, penyebaran covid 19 masih meningkat namun dalam hal ini aktifitas masyarakat harus tetap dilaksanakan oleh karena itu pemerintah pusat memberlakukan new normal.

Dandim 0429 Lamtim Letkol M.Darwis menuturkan, secara nasional penyebaran covid 19 cukup tinggi sehingga kita yang saat ini berada di zona hijau harus lebih hati-hati. “Kegiatan pencegahan Covid 19 seperti diperbatasan perbatasan dan dimasyarakat harus tetap dilaksanakan dan apa yang sudah kita laksanakan tetap dilaksanakan dan itu sudah berhasil harus dipertahankan,” tutup Dandim 0429 Lamtim. (imron)

Share :