BSPS Kementrian PUPR Pusat untuk Mesuji segera Terealisasi

Share :

ragamlampung.com – Masyarakat penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swakelola (BSPS), program Kementerian PUPR pusat, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 sedang dalam proses realisasi.

Tentu saja bantuan yang akan dikucurkan melalui Dinas Permukiman Mesuji provinsi Lampung disambut antusias oleh warga penerimanya.

“Bantuan program BSPS dari Kementrian PUPR pusat yang diturunkan untuk warga Mesuji saat ini sedang dalam proses realisasi, sementara tahap 1 ada sebanyak 240 unit/rumah bagi warga mesuji yang berhak menerima,” ungkap Murni Kadis Perkim Mesuji kepada wartawan online, Jum’at,(26/06).

Ia menjelaskan, program BSPS ini bersumber dari APBN pemerintah pusat tahun anggaran 2020. Tahap 1 sebanyak 240 unit/rumah. Untuk per satu unit/rumah menelan dana sekitar Rp.17.500.000. Jadi total anggaran BSPS tahap 1 sekitar Rp.4,2 Milyar.

“Namun rencananya masih ada penambahan lagi untuk BSPS tahap 2 kurang lebih sekitar 200 unit/rumah. Jadi sementara jika ditotal BSPS tahap 1 dan tahap 2 ada sekitar 440 unit/rumah,” timpal Murni.

“Yang berhak menerima bantuan BSPS ini yakni warga mesuji yang memang memiliki rencana untuk membangun rumah, dan sudah ada sedikit/banyak persiapan material kebutuhan bahan bangunan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, selain program BSPS, pihaknya juga akan berikan bantuan (Pamsimas) bagi warga Mesuji, yang terbagi untuk setiap desa yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada diwilayah kabupaten mesuji yang akan dikawal oleh pendamping.

“Bantuan Pamsimas yang kita berikan yakni untuk menyalurkan air bersih guna untuk membantu kebutuhan masyarakat.
Dan sejauh ini perencanaannya sudah berjalan dengan baik, saya harap bantuan yang kita gulirkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya. (santo)

Share :