Muhammadiyah Tubaba Gelar Baitul Arqom di Batu Putih

Share :

ragamlampung.com,Tubaba – Pimpinan Daerah Muhammadiyah ( PDM ) Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba), Provinsi Lampung, Sabtu 14 September 2024 menggelar kegiatan pembukaan program Baitul Arqom pengkaderan bagi Pimpinan dan Unsur Pembantu Pimpinan Muhammadiyah di Tiyuh Totokaton, Kecamatan Batu Putih.

Acara yang akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 14 hingga 16 September 2024 diikuti oleh 61 peserta dari perwakilan Majelis dan Lembaga serta Pimpinan. Program ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan serta wawasan keagamaan bermuhammadiyah kepada para kader.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Majelis pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung. Dalam amanah sambutannya, Andi Febriudin menyampaikan tetang pentimgnya pengkaderan dalam membentuk karakter kader persyarikatan.

“Pengkaderan ini sangat penting untuk membentuk karakter dan pemahaman yang kuat bagi para kader, agar mampu menghadapi tantangan zaman dan berkontribusi positif dalam masyarakat,” ucap Andi Febriudin.

Sementara itu Ketua PDM Tubaba, Susilo Aris Nugroho dalam sambutannya menekankan pentingnya Baitul Arqom sebagai program utama yaitu konsolidasi idiologi agar semua pimpinan di semua tingkatan mempunyai kesamaan langkah dan kesamaan pikir dalam menjalankan gerak persyarikatan.

” Tantangan muhammadiyah di Tubaba ini semakin berat, dan itu bisa di hadapi dengan kesungguhan dan satu pandangan kebersamaan dari semua pimpinan di semua lini. Maka Baitul Arqom akan di harapkan membentuk kepribadian yang mempunyai semangat bermuhammadiyah,” jelas Ketua Muhammadiyah Tubaba, Susilo Aris Nugroho.

Selama kegiatan, peserta mendapatkan berbagai materi, termasuk pelatihan manajemen organisasi, diskusi tentang nilai-nilai Muhammadiyah, serta praktik kepemimpinan. Selain itu, juga diadakan sesi tanya jawab dan sharing pengalaman antara pembicara dan peserta untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman materi.

“Kami dari Majelis Kader dan Sumber Daya Insani (MPKDSI) PDM Tubaba menghadirkan instruktur dan pemateri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung seperti; ust Rohmat Santosa, S.Pd yang memberikan materi terkait Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Dr. Sujino, M.Pd.I dengan materi Mukadimah Anggaran Dasar (MAD) Muhammadiyah, dan Drs. Ahmad Syukri, M.M tentang Tuntunan Ibadah sesuai Keputusan Tarjih.

Kemudian, Andi Pebriudin, M.Pd. tentang kepribadian Muhammadiah, M. Sholihin, M.Pd.I tentang Hirarki dan Tata Aturan dalam Muhammadiyah, Dr. Hasbullah, M.PdM materi Manajemen Organisasi dan Akhlaq Bermuhammadiyah, dan materi tentang Revitalisasi Cabang dan Ranting Muhammadiyah oleh Syamsuddin, MM serta materi dari Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang menjelaskan Materi Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah,” terang Wawan Herdianto, Sekretaris MPKDSI Tubaba mendampingi Ketua Wildan Hartanto.

“Kami ingin kader-kader ini tidak hanya menjadi pemimpin di dalam organisasi, tetapi juga menjadi penggerak di lingkungan masyarakat dengan menjadi agen perubahan yang tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Wawan Herdianto.

Hadir pada kegiatan pembukaan tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Jajaran Pleno PDM, PD Aisyiyah, PD Nasyiatul Aisyiyah Tubaba, Kepalo Tiyuh Totokaton, Babankamtibmas Totokaton, Pimpinan Anak Cabang Nahdlotul Ulama serta GP Ansor Batu Putih serta tamu undangan (rilis/scp)

Share :