Jokowi Lantik Arinal Sebagai Gubernur Lampung 2019-2024

0
74

ragamlampung.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih periode 2019-2024. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Rabu 12 Juni 2019.

Sebelum pelantikan yang dilansungkan pukul 10.00 WIB, pasangan Kepala Daerah itu terlebih dahulu menerima petikan keputusan presiden serta kirab dari Istana Merdeka.

Arinal dan Chusnunia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 49/P/2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2019-2024.

Sebelum mengucapkan sumpah jabatan, Jokowi meminta kedua pasangan tersebut bersedia mengucap sumpah sesuai kepercayaan masing-masing. Kebetulan, kedua pasangan tersebut sama-sama beragama Islam.

“Bersediakah saudara mengucapkan sumpah sesuai dengan agama Islam,” ujar Jokowi dalam acara pelantikan di Istana Negara.

Lantas, Jokowi pun membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh kedua pasangan pimpinan Provinsi Lampung itu.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur sebagai Wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap Jokowi.

“Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap Jokowi yang kemudian diikuti kedua pasangan itu.

Arinal merupakan pemenang dalam pemilihan Gubernur Lampung pada 2018 lalu. Ia bersama pasangannya, Chusnunia Chalim berhasil menumbangkan pasangan calon petahana, Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri.

Pria kelahiran 17 Juni 1956 di Way Kanan itu memulai karirnya di bidang pertanian. Arinal adalah Sarjana Pertanian dari Universitas Lampung yang kemudian menjadi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Metro.

Terakhir, Arinal menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung pada 2014-2016. Selain aktif di berbagai organisasi, di bidang politik Arinal merupakan Ketua DPD Golkar Provinsi Lampung.

Usai pelantikan, Arinal dan wakilnya dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan KPK. (kur)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.