Pemkab Lamtim Bahas Pekan Raya Lampung

ragamlampung.com,Lampung Timur – Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Pekan Raya Lampung (PRL), Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Lampung Timur (Lamtim) menggelar rapat guna membahas persiapan kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 03-18 Agustus 2019 yang dipimpin langsung (Sekda) Syahrudin Putra, Rabu, (24/07/2019).

Rapat yang berlangsung di Aula Utama Sekretariat dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Heri Alpasa, Para kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Serta Camat se Kabupaten Lamtim.

Pekan Raya Lampung 2019 akan berlangsung tanggal 03-18 Agustus 2019. Pemerintah Provinsi Lampung akan bekerja sama dengan PT. Orizpri Indomedia sebagai event organizer. PRL 2019 merupakan pameran dan pesta rakyat untuk menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Pameran Pembangunan, Promosi Wisata, Pagelaran dan Parade Budaya Lampung, Seminar Peluang Investasi/Pariwisata.

Pada Pekan Raya Lampung kali ini mengusung tema “Pesta Rakyat Untuk Lampung Berjaya” sejalan dengan tema utama yang diusung Provinsi Lampung tersebut Kabupaten Lampung Timur sendiri mengusung tema yang tidak jauh berbeda dengan tema utama yakni “Dengan Semangat Kemerdekaan, Lampung Timur Membangun, Berkarya dan Berinovasi Untuk Lampung Berjaya.

Dalam sambutannya Syahrudin menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Timur harus optimis dan menjaga semangat agar bisa kembali mengusung juara seperti pada anjungan sebelumnya.

“Kita tidak boleh under estimate, kita bersyukur bahwa anjungan itu bukan merupakan variable utama penilaian tetapi konsep, gagasan, kreativitas serta inovasi dan unsur-unsur entertain yang menjadi variable keberhasilan itu. Tentu Kita sudah berkali-kali mengikuti event seperti ini dan dua kali berturut-turut kita bisa mendapat predikat juara umum, kalo kita mengkomparasinya dengan eksistance anjungan tentunya kita kalah jauh dengan yang lain misalnya Mesuji, namun disitu yang mau kita jual adalah konsep dan kreativitas sehingga diukur dari beberapa indikator penilaian kita juara,”jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Syahrudin juga menyampaikan beberapa konsep yang nantinya akan di usung untuk anjungan Lampung Timur.

“Yang pertama kita mengusung konsep Pugung Raharjo pindah ke Way Halim, yang kedua Way Kambas Pindah ke Way Halim, sedangkan yang ketiga ini ada beberapa alternatif konsep apakah kerang mas atau hutan mangrove nya. Itu merupakan konsep original yang harus kita kembangkan bagaimana kita bisa mengangkat kebudayaan kita seta kearifan lokalnya yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” paparnya.

Dalam acara tersebut Syahrudin juga menegaskan bahwa Lampung Timur harus benar-benar mempersiapkan dimana Pekan Raya Lampung itu juga bebarengan dengan persiapan HUT RI dan Idul Adha yang mana di Kabupaten Lampung Timur sendiri akan banyak kegiatan. (imron)