Pemkot Metro Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Share :

ragamlampung.com,Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menggelar Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2019 dengan Tema Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di halaman Dispusarda, Kamis (26/09/2019).

Kepala Dispusarda Syahri Ramadhan dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana promosi perpustakaan untuk memperkenalkan layanan koleksi dan fungsi perpustakaan sehingga diharapkan dapat mendorong minat belajar masyarakat dan dapat meningkatkan kunjungan ke perpustakaan daerah serta sosialisasi perubahan paradigma perpustakaan yang berbasis inklusi sosial.

“Dalam gelaran kali ini juga diadakan gerakan donasi buku yang telah terkumpul sebanyak 550 buku. Adapun program-program yang sudah kami laksanakan diantaranya pembinaan rumah pintar di 22 Kelurahan di Kota Metro, bedah buku kelas menulis dan storytelling,” paparnya.

Wakil Walikota Metro dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan minat baca khususnya bagi anak-anak sekaligus sebagai ajang promosi dalam pemanfaatan perpustakaan.

“Dalam hal ini perpustakaan berperan bukan hanya sebagai pusat informasi melainkan dapat bertransformasi menjadi tempat dan pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial juga harus menjangkau masyarakat diseluruh lapisan dalam rangka mendekatkan masyarakat terhadap akses informasi yang berkualitas,” tutup Djohan.

Selanjutnya dalam sambutan Nani Suryani, perwakilan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan penyelenggara yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Nani menambahkan bahwa literasi mempunyai peranan yang penting dalam mendorong kesejahteraan masayarakat karena dapat memberikan manfaat yang nyata yang didapat melalui pendidikan di sekolah maupun di program literasi untuk orang dewasa.

Diakhir acara Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar Kota Metro yang konsisten untuk membudayakan literasi di Kota Metro karena kegiatan ini sangat positif.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mensupport budaya litersi ini,” ujarnya.(EA)

Share :