Aplikasi Pendidikan, Bantu Orangtua Pantau Aktivitas Anak di Sekolah

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Lampung Choiria Pandarita bersama Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengunjungi Booth TCASH Telkomsel di acara launching Aplikasi Sistem Informasi Pendidikan (SISKA).
Share :

ragamlampung.com -– Tingginya pengguna layanan digital di kalangan siswa mendorong Telkomsel untuk memanfaatkan aplikasi mobile digital untuk menunjang pendidikan. Salah satunya melalui penandatanganan kerja sama penerapan aplikasi digital Telkomsel dengan SMA Kebangsaan Kalianda, Lampung Selatan, dan SMA Negeri 10 Jambi.

Kerja sama ini akan memberikan pelayanan akademis bagi siswa dengan berbasis aplikasi. Penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pendidikan (SISKA) akan digunakan siswa di lingkungan sekolah.

Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Paulus Djatmiko mengatakan, kerja sama ini wujud komitmen Telkomsel meningkatkan sumber daya manusia Indonesia melalui penerapan teknologi digital.

“Sehingga diharapkan hadirnya sistem informasi berbasis aplikasi dapat membantu orangtua dan guru lebih mudah memantau aktivitas siswa di lingkungan sekola,” katanya, melalui keterangan tertulisnya, Senin (20/3/2017).

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi SISKA mulai absensi kehadiran siswa menggunakan TAP TCASH. Siswa cukup melakukan TAP menggunakan ponsel yang sudah memiliki stiker TCASH TAP pada mesin absensi dan informasi kehadiran siswa akan tercatat di sistem serta terkirim ke orangtua dan guru.

Selain itu, para siswa dapat memperoleh beragam informasi pendidikan mulai dari jadwal ujian, nilai ujian, kegiatan sekolah, hingga informasi tentang mata pelajaran. Aplikasi SISKA juga sudah dilengkapi dengan panic button. Fitur ini dapat digunakan siswa untuk memberikan informasi darurat kepada guru dan orangtua saat anak mengalami tindakan kekerasan atau bullying di sekolah.

“Diharapkan kerjasama ini memberikan manfaat bagi para siswa untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan akademis di SMA Kebangsaan Kalianda dan SMA Negeri 10 Jambi,” kata Paulus. (ar)

Share :