Refleksi Akhir Tahun, DPD KAI Lampung Fokus Penambahan Anggota

Rapat repleksi dan evaluasi pengurus DPD KAI Lampung
Share :

ragamlampung.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Lampung menggelar acara refleksi akhir tahun 2022.

Ketua DPD KAI Lampung, Adv Lukman Nur Hakim SH CIL didampingi pengurus inti yakni Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Adv Putu Hendrayana SH MH CIL dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Ujian Adv Wahirullah SH mengatakan, refleksi akhir tahun dilakukan untuk mengevaluasi kinerja pengurus DPD KAI Lampung.

“Selain instruksi pusat juga untuk melihat kinerja pengurus selama 2022. Yang pasti tahun 2023 harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkap Lukman.

Lukman mengatakan, didalam refleksi akhir tahun itu juga membahas tentang beberapa agenda.

Diantaranya, agenda program kerja DPD KAI Lampung di tahun 2023, laporan pengurus DPC DPC KAI yang sudah terbentuk, agenda penambahan anggota baru melalui PKPA dan UKDPA.

“Tidak hanya kualitas namun kuantitas juga harus kita tingkatkan sehingga anggota DPD KAI Lampung akan terus bertambah. Program kerja di tahun 2023 juga dibahas demi kelanjutan dan eksistensi organisasi DPD KAI Lampung,” sebut Lukman didampingi bendahara DPD KAI Lampung, Adv Nofrizal SH.

Sekretaris Daerah DPD KAI Lampung, Adv Indra Jaya SH CIL menambahkan refleksi berasal dari kata reflect, artinya menggambarkan, mencerminkan, dan membayangkan.

Dalam konteks manajemen modern, refleksi dimaknai evaluasi, yaitu suatu pekerjaan setelah perencanaan dan pelaksanaan. Maknanya, evaluasi dilakukan pada akhir suatu kegiatan. Sifatnya berupa penilaian, perbaikan, masukan terhadap kegiatan yang telah dilakukan, dan menganalisa kegiatan selanjutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dapat dikatakan, refleksi merupakan perenungan diri terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Apakah kegiatan tersebut berhasil? Ataukah gagal? Bagaimana hambatannya? Apa tantangannya? Bagaimana cara mengatasi masalahnya? Apa saja sumber dayanya? Siapa yang melakukannya? Dengan siapa mereka bekerjasama? Bagaimana cara pembagian kerjanya? Kapan deadline-nya?. Untuk itulah salah satu tujuan refleksi akhir tahun yang digelar dan dipimpin langsung oleh ketua DPD KAI Lampung dilaksanakan demi perbaikan dan kemajuan DPD KAI Lampung. (fatih/gus/putu)

Share :