75 Siswa se-Lampung ikuti Road to Asmopss 13 Tahun 2023

Share :

Bandar Lampung (Ragam) – Sebanyak 75 siswa yang terdiri dari siswa sekolah dasar dan SMP se-Lampung mengikuti Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools and Secondary Schools (Asmopss) 13 Tahun 2023 yang berlangsung di Sekolah Islam Az Zahra, Jl. DI Panjaitan 3, Bandar Lampung, Sabtu (26/8/2023).

Para peserta itu mengikuti babak penyisihan dari pelaksanaan olimpiade matematika tingkat internasional itu secara serentak seluruh Indonesia dengan dua bidang studi matematika dan sains.

Dalam Asmopss 13 ini juga dibagi dalam dua level yakni; level SD (Kelas 3-6) dan Level SMP (Kelas 7-9).

Menurut Tari dari Bimbel Nings Course Yayasan Fatimah Az Zahra selaku penyelenggara Road to Asmopss di Lampung mengatakan para peserta akan mengerjakan materi soal yang dibatasi waktu selama 90 menit waktu pengerjaan.

“Lembar-lembar jawaban para peserta akan dikirimkan langsung ke Surya Institute untuk dilakukan penilaian secara serentak se-Indonesia,” kata Tari.

Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools and Secondary Schools (Asmopss) adalah olimpiade internasional yang telah dilangsungkan sejak tahun 2011 lalu.

Kompetisi bergengsi ini digagas oleh Prof Yohanes Surya yang juga founder Surya Institute dan untuk Lampung, Surya Institute bekerjasama dengan Yayasan Fatimah Az Zahra selaku penyelenggara resmi Road to Asmopss 13.

Tujuan dari pelaksanaan kompetisi ini adalah untuk mendorong siswa untuk lebih mengenal dan menyukai mata pelajaran sains dan matematika sejak dini.

Olimpiade ini juga efektif untuk mengembangkan hubungan internasional antar negara di kawasan Asia khususnya dalam bidang pendidikan sains dan matematika di tingkat siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. (msr)

Share :